6 Titik Pertashop Hadir di Kalimantan, Ini Rinciannya

Oleh Aceng Mukaram pada 09 Sep 2020, 15:50 WIB
Diperbarui 09 Sep 2020, 15:50 WIB
Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina berskala kecil, untuk melayani kebutuhan konsumen BBM. (Foto: Pertamina)
Perbesar
Pertashop merupakan lembaga penyalur Pertamina berskala kecil, untuk melayani kebutuhan konsumen BBM. (Foto: Pertamina)

Liputan6.com, Jakarta - Pertamina terus berupaya untuk berinovasi dalam upaya meningkatkan aksesibilitas masyarakat Indonesia terhadap kebutuhan energi yaitu Bahan Bakar Minyak dan Elpiji.

Terobosan Pertashop yang sudah diimplementasikan sejak tahun 2018 akhir di Pulau Jawa, kini telah hadir di Kalimantan dan sudah beroperasi sebanyak 27 titik tersebar di Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Di Kalimantan Barat sendiri sudah ada 6 titik yang beroperasi, yaitu di Desa Pak Laheng, Kecamatan Toho, Kabupaten Mempawah; Desa Mukti Raharja, Kecamatan Subah, Kabupaten Sambas ; Desa Pancur Kecamatan Tangaran, Kabupaten Sambas ; Desa Setalik Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas ; Desa Jelu Air Kecamatan Jawai Selatan, Kabupaten Sambas ; dan Desa Tengguli Kecamatan Sajad, Kabupaten Sambas.

"Pertashop ini bentuk komitmen Pertamina dalam menyalurkan energi hingga ke daerah-daerah yang cukup jauh jangkauannya ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum," kata Region Manager Communication & CSR Kalimantan, Roberth MV Dumatubun dalam siaran pers rilisnya yang diterima di Kota Pontianak Rabu (9/9/2020).

Dengan tersedianya Pertashop di pedesaan, masyarakat akan semakin mudah memperoleh produk-produk berkualitas Pertamina dengan harga yang sama seperti di SPBU. Produk yang dijual di Pertashop antara lain bahan bakar yaitu Pertamax, elpiji bright gas, dan pelumas.

Dia menjelaskan, adanya Pertashop di level pedesaan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat karena uang belanja BBM dan elpiji dapat ditekan dan pembangunan desa juga dapat meningkat.

“Pertamina mengembangkan dua pola investasi dalam pendirian Pertashop. Pertama, Pertamina yang berinvestasi dan desa yang menjalankan atau desa yang melakukan investasi dan ada rasio pembagian keuntungan. Dapat juga mengandeng swasta untuk berinvestasi,” kata Roberth MV Dumatubun.

Pertashop ini sejalan dengan program OVOO (One Outlet One Village) dimana memastikan bahwa persebaran pangkalan LPG 3 kg terdapat di masing-masing desa atau suatu daerah untuk pemerataan distribusi. (Aceng Mukaram)

35 Pertashop Kini Hadir di Provinsi Banten dan Jawa Barat

Puluhan Unit Pertashop Pertamina Disediakan di Pelosok Desa di Sumbagsel
Perbesar
Salah satu Pertashop Pertamina yang sudah dihadirkan di Sumbagsel (Dok. Humas MOR II Pertamina Sumbagsel / Nefri Inge)

PT Pertamina (Persero) memudahkan masyarakat mengakses pasokan energi dengan menyediakan Pertashop di pedesaan. Harapannya, masyarakat semakin mudah memperoleh Bahan Bakar Minyak (BBM), LPG atau produk Pertamina lainnya.

Unit Manager Communication Relations & CSR Marketing Operation Region (MOR) III Eko Kristiawan mengatakan, sepanjang 2020 ini, Pertamina MOR III telah mengoperasikan sebanyak 35 Pertashop di wilayah Provinsi Banten dan Jawa Barat.

Komitmen Pertamina ini merupakan target dari program Pertamina One Village One Outlet (OVOO), sehingga perluasan Pertashop terus akan digenjot hingga akhir tahun ini.

"Pertashop merupakan bentuk sumbangsih kami untuk bangsa dan masyarakat Indonesia, sehingga kami terus berupaya mendekatkan energi ke masyarakat" kata Eko, di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dengan Pertashop, masyarakat yang tinggal di pelosok desa lebih mudah mendapatkan BBM berkualitas dengan harga sama seperti SPBU. Layanan Pertashop hadir tidak hanya menyediakan BBM jenis Pertamax, tetapi juga Bright Gas dan Pelumas Pertamina.

"Kami juga berharap, kehadiran Pertashop yang bersinergi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Pemerintah Desa dapat menciptakan multiplier effect terhadap ekonomi dan menjadi salah satu upaya pemerataan ekonomi desa,” tambah Eko.

Salah satunya, Sales Area Manager Sukabumi akan meresmikan 12 Pertashop sepanjang bulan Agustus. Dari angka tersebut, sebanyak 6 Pertashop telah beroperasi sebelum Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI), hari ini, Senin (17/8/2020).

Pertashop yang beroperasi di Sukabumi pada bulan agustus ini berada di:

1. Desa Cijangkar Kec.Nyalindung

2.Desa Kertaangsana Kec.Nyalindung

3.Desa Pabuaran Kec.Pabuaran

4.Desa Mangunjaya Kec.Waluran

5.Desa Sampora Kec.Cikidang

6.Desa Sukajaya Kec.Sukabumi

7.Desa Karawang Kec.Sukabumi

8.Desa Caringinnunggal Kec.Waluran

9.Desa Ciwaru Kec.Ciemas

10. Desa Sukatani Kec Parakan Salak

11. Desa Kabandungan Kec. Kabandungan

12. Desa Sagaranten Kec Sagaranten

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓