Sukses

Aneh, Ada Bos yang Senang Kalau Pegawainya Bikin Kesalahan

Saujani merasa, alasan mengapa para wanita sering tertinggal di belakang pria untuk urusan karier, justru karena para wanita cenderung mengejar kesempurnaan.

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering mendengar nasihat agar jangan membuat kesalahan saat bekerja di kantor. Itu tidak akan terjadi jika bekerja di perusahaan milik Reshma Saujani, pendiri sekaligus CEO Girls Who Code. Dia justru mendorong para karyawannya untuk melakukan kesalahan saat bekerja.

Melansir laman CNBC, Selasa (8/7/2020), dalam sebuah wawancara, Saujani mengatakan dia cenderung mendorong para karyawan, khususnya perempuan, agar tidak takut membuat kesalahan. Termasuk salah ketik (typo) pada surel profesional, seperti menulis their menjadi there atau than menjadi then.

Itu semua dilakukannya lantaran ingin menyoroti bahwa kesempurnaan bukan segalanya. Bahwa tidak apa-apa jika melakukan kesalahan dalam mengetik, itu bukan suatu hal berat dalam bekerja.

"Tak ada yang terjadi setelah surel (dengan typo) dikirim. Anda akan menyadari bahwa Anda tak lantas dipecat lantaran melakukannya," ujar Saujani.

Dia menjelaskan, tentu saja, kesalahan tersebut jangan dijadikan sebagai kebiasaan. Biasanya, Anda akan sangat menghindari salah ketik pada perusahaan rekanan yang besar. Tapi justru Anda bisa melakukan salah ketik pada catatan profesional yang lebih kasual.

Perbandingan itu justru menunjukkan betapa takutnya Anda membuat kesalahan.

"Merima kekurangan dapat membantu para wanita menjadi lebih profesional dan membuatnya berani mengambil risiko dalam bekera," terangnya.

Saujani merasa, alasan mengapa para wanita sering tertinggal di belakang pria untuk urusan karier, justru karena para wanita cenderung mengejar kesempurnaan.

Terlebih dari itu, lingkungan atau budaya saat ini menempatkan wanita di mana ia merasa perlu untuk selalu tampil sempurna.

"Kesempurnaan tidak dihadiahkan secara cuma-cuma di tempat kerja. Tapi kepiawaian memenangkan proyek dan mencetuskan inisiatif baru, yang kini diperlukan," tutur Saujani.

Menurutnya, untuk sampai ke puncak karier, semuanya harus berani mengambil risiko dan bertindak lebih berani.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bosan Kerja Kantoran, Coba Saja 5 Pekerjaan Secara Online Ini

Jika Anda bosan dengan perjalanan ke kantor yang cukup jauh dan melelahkan, dan berpikir berganti kondisi, pekerjaan online bisa jadi pilihan.

Terdapat beberapa profesi yang memang bisa dikerjakan secara online. Bahkan pekerjaan ini, bisa menghasilkan pendapatan yang tak sedikit.

Melansir dari Lifehack.org, Senin (7/9/2020) berikut 5 pekerjaan online yang dapat membuat Anda  tetap bisa menghasilkan uang sekaligus memiliki karir.

1. Asisten Virtual

Apakah Anda hebat dalam mengatur? Jika ya, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa banyak orang sebenarnya tidak begitu pandai dalam hal itu. 

Pergeseran ke semakin banyaknya bisnis yang dijalankan secara online juga berarti kini banyak orang yang mencari asisten virtual.

Artinya seluruh struktur bisnis telah berubah. Pekerjaan sekretaris dan PA sekarang sangat banyak posisi yang dapat dilakukan tanpa harus pergi ke kantor mana pun. 

Email, Skype, dan koneksi internet berkecepatan tinggi di mana-mana berarti bahwa permintaan Asisten Virtual semakin meningkat.

Pekerjaan online seperti ini bagus karena tidak membatasi Anda untuk bekerja hanya dengan satu klien dalam satu waktu. 

Jika Anda benar-benar pandai mengatur, tidak ada alasan mengapatidak bisa menjadi  Asisten Virtual untuk sejumlah orang pada saat yang bersamaan.

2. Pengecer Online (Reseller) atau Dropship

Ini adalah salah satu pekerjaan online  menarik yang dapat Anda lakukan, tetapi juga sedikit lebih sulit untuk membuat pekerjaan yang konsisten. 

Ini adalah salah satu pekerjaan online yang bisa dilakukan pada paruh waktu sejak awal dikerjakan. Jika Anda menemukan bahwa itu berhasil, lanjutkan semua. Jika tidak, teruslah mencari sesuatu yang Anda sukai.

3. Guru Online

Jika Anda suka mengajar tetapi tidak terlalu menyukai ide harus pergi ke sekolah setiap hari, guru online bisa menjadi salah satu pekerjaan online terbaik untuk Anda. 

Ini bukanlah pekerjaan online yang paling sederhana untuk dilakukan, karena harus menemukan siswa yang minat sekolah online. Selain itu pasti harus memiliki kualifikasi dalam mata pelajaran yang ingin Anda ajarkan. 

Karena itu, setelah bertahun-tahun bekerja di dunia nyata, sekarang mungkin menjadi spesialis di bidang Anda dan ini bisa berubah menjadi hal yang sangat menguntungkan.

Biasanya, guru online paling sering membimbing anak-anak yang membutuhkan pekerjaan tambahan untuk mengejar atau unggul di sekolah. 

Dengan pemikiran ini, Anda harus berharap untuk melakukan sebagian besar pekerjaan setelah sekolah libur, dan Anda juga harus siap secara finansial untuk liburan ketika pekerjaan sering mengering.

4. Desainer Web

Mata untuk desain dan kreativitas umumnya cenderung membantu jika Anda ingin membuat tanda di bidang ini. 

Juga sangat disarankan untuk mempertimbangkan mengambil kursus, baik yang dipimpin oleh seorang guru atau kursus otodidak yang dapat Anda lakukan dengan kemampuan sendiri. 

Orang-orang yang secara relatif sudah melek komputer dan berpikiran kreatif akan segera memahami peran semacam ini. Setelah Anda melakukannya, inilah saatnya untuk mulai menawarkan klien dan membangun portofolio pekerjaan.

5. Content Writer

Ini jelas merupakan salah satu pekerjaan online yang dapat Anda ubah menjadi karier jika memiliki kesabaran dan hanya bertahan dengan itu. 

Anda harus mengambil pekerjaan low-end pada awalnya, tetapi ada pekerjaan bagus di luar sana jika Anda dapat membuktikan diri. Itulah masalah kecil lainnya - ada begitu banyak orang yang bersaing untuk mendapatkan pekerjaan yang sama.

Untungnya, ada banyak pekerjaan yang bisa didapat. Begitu Anda belajar bagaimana mengenali pemborosan waktu dari orang-orang yang benar-benar mencari kolaborator berkualitas, pekerjaan yang menarik dan bergaji tinggi dapat mulai mengalir.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.