Sukses

Sulit Atur Tim Saat Kerja dari Rumah? Simak 5 Tips ini

Mengatur tim untuk bekerja secara langsung di kantor terasa sulit, namun sekarang harus bekerja secara jarak jauh.

Liputan6.com, Jakarta Bekerja dari rumah yang awalnya terasa menyenangkan, lama-lama terasa sedikit sulit, terutama bagi tim di perusahaan.

Ketika sebuah tim harus melakukan hal yang sama untuk waktu yang tidak ditentukan, hal itu mungkin menjadi sedikit menantang bagi pemimpin tim dan anggotanya.

Bekerja dari rumah tentunya memiliki banyak keuntungan, tetapi tentunya memiliki rintangan tersendiri terutama harus mengelola sebuah tim yang cukup besar.

Bekerja dari rumah membutuhkan perencanaan, waktu untuk berkoordinasi dan dukungan jarak jauh dari tim yang lain untuk kelancaran.

Tidak adanya faktor ini dapat membuat bekerja dari rumah sambil mengelolah tim dengan jumlah karyawan yang banyak menjadi lebih menantang.

Sehingga mungkin beberapa dari Anda belum menemukan cara yang tepat untuk mengelola sebuah tim yang besar secara jarak jauh.

Mengutip dari timesofindia, Selasa (8/9/2020) berikut tips yang bisa Anda ikuti agar bekerja dari rumah menjadi produktif bagi pemimpin tim yang harus mengelola anggotanya dari jarak jauh:

1. Komunikasi adalah kunci

Jarak sosial menjadi rintangan terbesar saat berkomunikasi dengan tim yang bekerja dari rumah, karena komunikasi yang efektif bergantung pada banyak faktor seperti konektivitas, ketersediaan, dan masih banyak lagi.

Sehingga jagalah agar semua platform komunikasi tetap terbuka baik melalui obrolan ataupun panggilan telepon agar bekerja pun jadi lebih mudah.

 

 

Tonton Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips lainnya

2. Gunakan teknologi untuk tampil secara virtual

Manfaatkan teknologi untuk melakukan panggilan video grup dengan anggota tim yang lain. Ini juga dapat membantu mereka merasa termotivasi dan meningkatkan produktivitas anggota tim yang lainnya.

3. Tetapkan agenda dan terus berikan masukan secara berkala

Memiliki agenda saat bekerja dari rumah sangatlah penting. Agar memastikan bahwa anggota tim yang lain juga melakukan tugas sesuai dengan tenggat waktu dan pemimpin tim tentunya juga harus membagikan umpan balik kepada anggotanya.

4. Terus lakukan pembaruan secara rutin

Ini merupakan salah satu cara agar memastikan tim berada di jalur yang benar. Melacak kemajuan tim melalui pembaruan rutin juga dapat memberikan motivasi kepada rekan kerja yang lain untuk tetap mengikuti jadwal yang sudah disusun.

5. Bersikaplah sedikit fleksibel

Tanggung jawab Anda sebagai pemimpin tim adalah menajdi sedikit fleksibel dan simpatik terhadap anggota tim yang lain. daripada fokus pada aktivitas, akan lebih baik jika lebih berkonsentrasi pada hasilnya.

 Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.