Sukses

Angkasa Pura I dan Lion Air Resmikan Rute Baru Makassar–Toraja

Penerbangan Makassar–Toraja akan dilakukan 4 kali seminggu setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dan Lion Air Group meresmikan pembukaan rute penerbangan Makassar – Toraja – Makassar di depan Gate 3 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Penerbangan ini akan dilakukan 4 kali seminggu setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu dengan menggunakan pesawat Wings Air.

Peresmian secara simbolisasi dilakukan dengan pemotongan tumpeng oleh Edward Sirait selaku Presiden Direktur Lion Air Group. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi, Kelapa Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan, Presiden Direktur Lion Air Group serta tim manajemen Angkasa Pura Airport dan tim manajemen Lion Air Group.

Dalam sambutannya Wahyudi selaku General Manager Bandara Sultan Hasanuddin Makassar mengatakan Tana Toraja merupakan salah satu wisata yang diminati. Dengan adanya penerbangan ini, semakin memudahkan masyarakat untuk dapat berkunjung ke Tana Toraja.

“Saat ini Wings Air merupakan satu - satunya penerbangan yang melayani rute Makassar - Toraja. Semoga kedepannya bisa berkembang jadwal penerbangannya dari 4 kali seminggu menjadi 7 kali seminggu atau lebih” ujar Edward Sirait selaku Presiden Direktur Lion Air Group dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (4/9/2020).

Dengan adanya rute ini, perjalanan ke Toraja dari Makassar dapat ditempuh dalam waktu 50 menit. Dapat menjadi pilihan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke Toraja. Penerbangan ini diharapkan dapat menggugah minat wisata masyarakat untuk berkunjung ke Toraja.

Pada kesempatan yang sama, Baitul Ikhwan selaku Kepala Otoritas Bandara Wilayah V Makassar juga menyampaikan dukungannya atas dibukanya rute baru penerbangan ke Tana Toraja. Tetap utamakan Keselamatan dan Keamanan penerbangan serta protokol kesehatan.

Kegiatan diakhiri dengan pelepasan penerbangan Wings Air IW1330 milik Maskapai Lion Air Group tujuan Makassar - Tana Toraja yang akan berangkat pada pukul 09.35 WITA.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang Pesawat di Bandara Angkasa Pura I Naik 44 Persen pada Agustus 2020

Sebelumnya, PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat pertumbuhan trafik penumpang pada Agustus 2020 sebesar 44,1 persen dibanding Juli 2020. Pada Agustus lalu trafik penumpang di 15 bandara Angkasa Pura I mencapai 1,96 juta orang, jauh lebih tinggi dibanding Juli yang hanya 1,36 juta orang dan Juni yang hanya mencapai 648 ribu orang.

Pertumbuhan juga terjadi pada trafik pesawat di mana Agustus ini mencapai 26.362 pergerakan, tumbuh 20 persen dibanding trafik pesawat pada Juli yang hanya sebanyak 21.954 pergerakan. Tidak begitu dengan trafik kargo yang justru mengalami penurunan 2,6 persen dari 36 juta kg pada Juli menjadi 35 juta kg pada Agustus.

 

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, trafik penumpang yang terus tumbuh secara konsisten sejak diterapkannya masa adaptasi kebiasaan baru tiga bulan lalu menambah optimisme mengenai kebangkitan sektor aviasi.

Hal ini seiring dengan upaya para pelaku industri aviasi yang terus mengampanyekan keamanan dan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 baik di pesawat maupun di bandara.

"Melalui kampanye #SafeTravelCampaign dan #TerbangLagi, para pelaku industri aviasi terus mendorong masyarakat agar tidak ragu dan percaya diri untuk dapat melakukan perjalanan udara dengan rasa aman dan nyaman di masa adaptasi kebiasaan baru," ujar Faik Fahmi dalam keterangan tertulis, Rabu (2/9/2020).

Untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan udara, Angkasa Pura I juga telah menyediakan fasilitas rapid test di 11 bandara. Fasilitas ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat yang ingin melakukan perjalanan udara pada masa adaptasi kebiasaan baru.

Penyediaan fasilitas rapid test ini juga dilakukan dengan konsistensi penerapan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid19 di bandara sehingga masyarakat tidak perlu khawatir untuk melakukan perjalanan udara melalui bandara-bandara Angkasa Pura I.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.