Sukses

Mengekor Eks Suami, MacKenzie Scott Kini Jadi Wanita Terkaya di Dunia

Mackenzie Scott menerima seperempat saham Amazon dari mantan suami Jeff Bezos usai bercerai pada 2019.

Liputan6.com, Jakarta Filantropis, penulis dan mantan istri CEO Amazon Jeff Bezos, MacKenzie Scott kini menjadi wanita terkaya di dunia. Kekayaan bersihnya tercatat mencapai USD 68 miliar (Rp 992,8 triliun).

Dia menggeser pewaris L'Oréal, Francoise Bettencourt Meyers sebagai wanit terkaya nomor satu di dunia, menurut indeks Billionaire Bloomberg, seperti melansir laman CNN, Jumat (4/9/2020).

Scott menerima seperempat saham Amazon dari mantan suami Bezos usai bercerai pada 2019. Itu setara dengan 4 persen saham yang bernilai lebih dari USD 35 miliar pada saat itu. Scott sekarang tercatat sebagai orang terkaya ke-12 di dunia, yang sebagian besar kaum pria.

Pada Juli, Mackenzie Scott mengumumkan telah menyumbangkan hampir USD 1,7 miliar kepada 116 organisasi yang mencakup empat perguruan tinggi dan universitas kulit hitam yang bersejarah.

Dia menggambarkan organisasi tersebut berfokus pada salah satu dari sembilan "bidang kebutuhan" mulai dari kesetaraan rasial hingga perubahan iklim.

Tahun lalu, Scott juga menandatangani prakarsa Giving Pledge, yang didirikan Warren Buffett dan Bill serta Melinda Gates.

Inisiatif ini mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan amal. Namun sang mantan suami Bezos, orang terkaya nomor wahid di dunia, belum menandatangani prakarsa itu.

Saham Amazon melonjak sekitar 28 persen selama 3 bulan terakhir, dan naik lebih dari 90 persen sepanjang tahun ini, menurut data dari Refinitiv.

Melonjaknya saham meningkatkan kekayaan Bezos menjadi lebih dari USD 200 miliar. Kekayaan Scott pun menuai lonjakan keuntungan saham teknologi, yang juga mendorong peringkat miliarder lain naik di puncak.

Awal pekan ini, posisi Elon Musk melampaui Mark Zuckerberg dan menjadi orang terkaya ketiga di dunia. Tesla mencatatkan keuntungan saham 12 persen setelah melakukan pemecahan saham Tesla.

Simak video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.