Sukses

4 Rahasia Bisa Bebas Secara Finansial

Banyak orang telah menemukan kebebasan ini dengan memulai bisnis atau berusaha mencapai puncak di sebuah perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang telah menemukan kebebasan dengan memulai bisnis atau berusaha mencapai puncak di sebuah perusahaan. Dalam 5 tahun terakhir, ada lebih banyak jutawan dibandingkan periode lainnya. 

Sebagian besar kesuksesan mereka dapat dikaitkan dengan popularitas melalui internet, dan sumber daya yang tersedia secara online. 

Melansir dari lifehack.org, Sabtu (5/9/2020) ada 4 hal dasar yang menjadi rahasia cara mencapai kebebasan finansial.

1. Manajemen Uang

Untuk mencapai kebebasan finansial sejati, Anda harus tahu bagaimana mengelola uang dan belajar bagaimana menabung, membiarkan uang bekerja untuk Anda.

 Banyak pengelola uang papan atas telah menyatakan bahwa jika kebiasaan belanja tidak terkendali, Anda akan menjadi yang terburuk dibandingkan orang-orang yang tidak menghasilkan banyak sama sekali. 

Oleh karena itu, menabung adalah salah satu langkah terpenting menuju kebebasan finansial. Mulailah memahami kebiasaan belanja Anda, dan kembali ke jalurnya dengan mengendalikan pengeluaran, belajar tentang menabung dan penganggaran. 

Ketahui apa yang penting saat ini dalam hidup Anda dan apa yang dapat dilakukan untuk berinvestasi kembali ke tabungan Anda. 

Identifikasi area di mana uang yang dibelanjakan benar-benar memang yang dibutuhkan. Misalnya, beberapa orang membelanjakan uang untuk bisnis mereka karena mereka tahu dalam jangka panjang ini akan meningkatkan keuntungan, menumbuhkan basis pelanggan, dan pada akhirnya membuat sukses bisnis mereka.

2. Pilihan Karir 

Ini akan menjadi salah satu keputusan terpenting yang pernah Anda buat, dan harus meluangkan waktu untuk membuatnya dengan meneliti pasar yang sedang berkembang. 

Agar lebih dekat dengan kebebasan finansial, Anda harus mencintai apa yang sedang dilakukan, dan menghasilkan cukup uang dengan melakukannya.

Memilih karir adalah terlibat dalam karir yang sesuai dengan kekuatan terbaik dan di mana Anda akan menjadi aset bagi perusahaan. Jika Anda memulai bisnis sendiri, maka dasarkan pada keterampilan yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Selalu Tetapkan Tujuan

 “Saat Anda menetapkan tujuan, Anda akan menjadi seperti kapal dengan kompas yang tahu persis ke mana tujuannya. Namun, tanpa tujuan, akan tersesat di laut ”.

Oleh karena itu, Anda harus memiliki rencana yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, dan bagaimana akan mencapainya. Harus menetapkan tujuan-tujuan kecil, bila digabungkan akan membawa ke tujuan yang lebih tinggi.

 Menetapkan tujuan yang lebih kecil memberi Anda motivasi setiap kali mencentang sesuatu dari daftar Anda. Jadi, apa yang membuat rencana tujuan menjadi hebat?

Apa tujuan utama saya? Bagaimana saya bisa mencapai tujuan akhir saya? Berapa batas waktu saya harus memenuhi tujuan ini? Dapatkah saya membangun relasi dengan orang lain untuk mendapatkan bantuan?

Cara lain apa yang dapat saya lakukan untuk mencapai tujuan akhir saya? Mempekerjakan bantuan, bekerja untuk orang lain, dll.

4. Relasi

Bagaimana Anda bisa menemukan orang yang tepat untuk menjalin relas? Untungnya, kita hidup dalam periode di mana sumber daya tersedia secara online sehingga Anda hanya perlu melakukan pencarian cepat.

Mencari di Google dan menemukan blogger, perusahaan, atau bahkan perusahaan pemasaran yang ada dan sesuai hal yang ingin dilakukan. Temukan dan terhubung dengan orang yang tepat dan hubungi mereka untuk memastikan tindak lanjut Anda. 

Beri tahu mereka tentang minat dan mintalah saran dari mereka tentang bagaimana Anda dapat mengembangkan bisnis yang membawa Anda ke kebebasan finansial yang lebih cepat. 

Ingat, kebebasan finansial adalah tentang menghasilkan cukup uang untuk ditabung, diinvestasikan, dan menggunakannya untuk memberi Anda kebebasan yang diinginkan.

Pada akhirnya, setiap orang berusaha untuk mencapai kebebasan finansial sepenuhnya sehingga mereka dapat menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan. Namun, untuk mendapatkan kebebasan ini memang membutuhkan investasi yang cerdas dan penghematan uang. 

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.