Sukses

Tabungan Belum Cukup saat Pensiun di Depan Mata? Begini Strateginya

Masa pensiun mungkin dinantikan banyak orang. Tetapi jika tabungan tidak cukup apa yang harus dilakukan?

Liputan6.com, Jakarta Ingin pensiun dengan tenang adalah impian banyak orang. Tentunya ketika Anda masih muda, mungkin terlalu cepat untuk memikirkan tabungan pensiun, namun hal tersebut salah.

Semakin lama Anda mulai menabung untuk pensiun, maka semakin sulit dan lama untuk mencapai hal tersebut.

Ketika masa pensiun telah tiba, maka Anda sendiri yang akan bingung untuk memikirkan segala aspek kebutuhan yang belum cukup untuk menunjang masa pensiun.

Lantas apa yang harus dilakukan jika tabungan Anda belum cukup untuk masa pensiun?

Mengutip dari goodhousekeeping, Senin (7/9/2020) berikut 4 cara yang bisa Anda ikuti untuk menunjang masa pensiun:

1. Memaksimalkan tabungan pensiun  

Tabungan pensiun menjadi fondasi dari setiap pensiun. Langkah pertamanya adalah memeriksa berapa banyak yang akan Anda dapatkan ketika pensiun nanti dalam tabungan pensiun yang dimiliki saat ini.

2. Cari tahu apa lagi yang telah Anda simpan

Mungkin untuk beberapa orang uang dari masa pensiun yang Anda dapatkan tidaklah cukup. Sehingga Anda membutuhkan tabungan lain untuk meningkatkan penghasilan.

Bisa melalui perusahaan tempat Anda kerja atau perusahaan sebelumnya yang berupa skema gaji akhir atau pensiun iuran pasti.

 

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara selanjutnya

3. Hitung penghasilan bulanan

Setelah Anda mengumpulkan semua informasi dari pensiun negara, tempat kerja dan pensiun pribadi, lalu Anda dapat menghubungkannya untuk mengetahui berapa banyak yang didapatkan setiap bulannya. Sehingga Anda dapat memperkirakan berpaa banyak yang dibutuhkan setiap bulannya.

4. Menunda pensiun

Jika Anda tidak punya cukup uang untuk masa pensiun, hal termudah yang harus dilakukan adalah menunda masa pensiun sehingga memiliki banyak waktu juga untuk menumbuhkan tabungan yang ada. Selain itu Anda juga dapat berpikir untuk mengubah hobi menjadi aliran pendapatan.

Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.