Sukses

Mau Jadi Bos Sukses? Tiru 5 Kebiasaan Para CEO Ini Dulu

Setiap CEO dari sebuah startup akan memberi tahu Anda bahwa tidak ada hari kerja yang "biasa".

Liputan6.com, Jakarta Menjadi CEO sebuah startup membutuhkan banyak kerja keras. Anda perlu mengelola kekacauan yang tak terhindarkan, bertindak sebagai pemimpin, pemikir, hingga pelaku.

Bagi yang sulit mengatur, kondisi ini dapat membuat kewalahan, ketika Anda perlu menyeimbangkan tugas sehari-hari dengan tugas "gambaran besar" yang mendorong visi dan masa depan perusahaan.

Setiap CEO dari startup akan memberi tahu bahwa tidak ada hari kerja yang "biasa". Melansir dari lifehack.org, Selasa (1/9/2020), banyak CEO yang berbagi beberapa kebiasaan yanh membuat mereka sukses

Mari kita lihat kebiasaan mereka dan bagaimana Anda bisa menggapai sukses.

1. Mengatur jadwal

Salah satu kebiasaan (beberapa mungkin menyebutnya keterampilan) CEO startup yang efektif adalah mengatur. Sangat terorganisir. Mereka akan membuat jadwal harian dan mengikutinya dengan taat.

Kate Finley, CEO Belle Communications , lebih suka memberi kode warna pada jadwalnya, menetapkan warna yang berbeda untuk topik gambaran besar dan menjadwalkan waktu untuk media sosial, email, pengembangan proyek, rapat, dan bahkan olahraga dan waktu pribadi.

Jadwal per jam dapat mencegah Anda teralihkan dari tugas-tugas acak sambil memberi ketenangan pikiran bahwa menghabiskan waktu khusus untuk kebutuhan perusahaan. Temukan waktu terbaik untuk menjadwalkan hari Anda dan biasakan keterampilan ini.

2. Memisahkan kebutuhan perusahaan

Salah satu hal yang dilakukan para CEO startup yang efektif adalah berhasil memilah-milah berbagai kebutuhan perusahaan. 

Mereka fokus pada area spesifik bisnisnya, menyisihkan waktu untuk pengembangan produk, pembangunan tim, dan keuangan. CEO Fetchnotes, Alex Schiff, mengadakan pertemuan harian dengan timnya. 

Schiff mengatakan saat ini sangat penting untuk organisasinya, karena memberikan pandangan lintas fungsi tentang apa yang terjadi di perusahaan.

Dengan memblokir waktu untuk mengelola tim dan departemen yang berbeda, Anda dapat yakin akan memenuhi semua kebutuhan gambaran besar sambil menghemat waktu untuk tugas-tugas acak lainnya yang pasti muncul.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Melakukan pekerjaan mendalam di awal hari

Berkonsentrasi pada strategi bisnis kedepannya di pagi hari sambil kemudian baru menggelar rapat di sore hari. Michael Karnjanaprakorn, Kepala Skillshare, bahkan menjadwalkan rapat hanya beberapa hari dalam seminggu. Ini guna memaksimalkan waktu untuk pekerjaan dan perencanaan yang mendalam.

Sekali sebulan, dia menilai kalendernya dan meninjau rapat yang akan datang dan membatalkan rapat yang tidak efisien. Karnjanaprakorn mengklaim bahwa proses ini memungkinkan dia untuk menjadi proaktif dan mengontrol waktu.

Pastikan untuk meluangkan beberapa ruang dalam jadwal Anda di pagi hari untuk melakukan pekerjaan strategis yang paling penting, sementara fokus dan kemauan Anda berada di puncaknya. 

Tinjau kalender secara teratur dan coret atau revisi apa yang tidak efektif.

4. Meluangkan waktu untuk keluarga dan momen perayaan

CEO Startup tahu betapa pentingnya meluangkan waktu untuk kebutuhan pribadi, keluarga, dan momen perayaan.

Ryan Carson memasukkan waktu keluarga sebagai bagian dari jadwal hariannya. Schiff meluangkan waktu untuk bersenang-senang dengan timnya, membawanya keluar untuk perayaan setelah berhasil menyelesaikan tonggak utama.

Karnjanaprakorn menggunakan konsep dari Tim Ferris yang disebut "Sabtu tanpa layar," di mana dia menolak untuk bekerja di laptop atau komputernya dan hanya menggunakan ponsel cerdasnya untuk peta dan komunikasi dengan teman dan keluarga.

Memisahkan diri Anda dari pekerjaan dapat memberi istirahat mental yang sangat dibutuhkan dan memungkinkan Anda mendekati hari kerja berikutnya - atau minggu depan - dengan pikiran yang segar. 

Sekali lagi, tugas yang mudah adalah membuat lebih banyak pekerjaan untuk diri Anda sendiri; tugas beratnya adalah meluangkan waktu untuk menikmati kesuksesan dan meluangkan waktu untuk diri sendiri.

5. Memberikan ruang untuk refleksi

CEO Startup tahu bahwa penting untuk menjaga diri sendiri karena mudah untuk merasa selalu ada lebih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

“Saya suka memiliki waktu untuk diri sendiri bebas dari gangguan kantor untuk memetakan agenda untuk apa yang ingin saya capai setiap hari. Jika tidak, saya merasa menjadi korban tingkah tugas acak apa pun yang muncul, ”kata Chris Myers, CEO fintech BodeTree.

Meluangkan waktu Anda untuk bermeditasi, mencerminkan, jurnal, atau cukup dekompresi, merupakan faktor penting untuk sukses. 

Anda memelihara kesehatan fisik dan mental, yang tidak akan melakukan apa pun selain menguntungkan Anda dan perusahaan rintisan dalam jangka panjang. 

Singkatnya, CEO startup yang sukses melakukan transisi ke posisi yang fleksibel, terorganisir dan fokus pada gambaran besar, memimpin tim mereka menuju kesuksesan.

Bergantung pada kebiasaan dan jadwal pribadi Anda, buat sistem yang paling sesuai dengan kebutuhan, sambil menghemat waktu untuk menikmati kerja keras Anda.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.