Sukses

Masih Ada Kuota 2,6 Juta, Jangan Khawatir Seleksi Kartu Prakerja Masih Berlanjut

Untuk jumlah pendaftar gelombang 6 Kartu Prakerja akan diumumkan siang ini pukul 12.00 WIB, bersamaan dengan ditutupnya pendaftaran gelombang 6.

Liputan6.com, Jakarta Bagi peserta yang tidak lulus gelombang 6 Kartu Prakerja masih ada kesempatan untuk mendaftar di gelombang selanjutnya. Itu karena masih ada kuota 2,6 juta calon penerima Program Kartu Prakerja.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, menjelaskan total peserta dari gelombang 1 sampai 6 adalah 3 juta orang, dari total peserta Kartu Prakerja adalah 5,6 juta.

“Sehingga masih ada 2,6 juta peserta lagi yang akan didapat dari gelombang-gelombang selanjutnya,” kata Louisa Tuhatu, kepada Liputan6.com, Senin (31/8/2020).

Selain itu, jumlah pendaftar pada gelombang 5 mencapai 1,77 orang. Sementara untuk jumlah pendaftar gelombang 6 akan diumumkan siang ini pukul 12.00 WIB, bersamaan dengan ditutupnya pendaftaran gelombang 6.

“Jumlah pendaftar gelombang 6 akan kami sampaikan pada saat penutupan pendaftaran Siang Ini, gelombang 7 akan kami sampaikan setelah penutupan gelombang 6,” katanya.

Sebelumnya, pemerintah telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 6 pada Kamis, 27 Agustus 2020 ini, pukul 12.00 WIB. Jumlah kuota yang dibuka untuk gelombang ini sama dengan gelombang lainnya, yakni 800 ribu peserta.

Lebih lanjut ia menjelaskan sudah tidak ditemukan kendala, bahkan sejak gelombang 4 pendaftaran relatif baik dan tidak lagi memerlukan swafoto.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingat, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 6 Ditutup Hari ini

Sebelumnya, pemerintah telah membuka pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 6 pada Kamis, 27 Agustus 2020 ini, pukul 12.00 WIB. Jumlah kuota yang dibuka untuk gelombang ini sebanyak 800 ribu peserta.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, mengatakan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 6 akan ditutup hari ini Senin, 31 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

“Pendaftaran gelombang 6 akan kami tutup hari ini pukul 12.00 WIB dengan kuota sebesar 800 ribu peserta,” kata Louisa kepada Liputan6.com, Senin (31/8/2020).

Ia menjelaskan total peserta dari gelombang 1-6 adalah 3 juta orang, dengan total peserta Kartu Prakerja adalah 5,6 juta.

Sehingga bagi peserta yang belum lolos gelombang 1-6, masih ada kesempatan untuk mengikuti gelombang selanjutnya, lantaran masih ada kuota 2,6 juta peserta lagi yang akan mendapat kesempatan mendapatkan program Kartu Prakerja.

Sementara, untuk jumlah pendaftar gelombang 6 belum diketahui jumlahnya, sebab baru akan diumumkan siang ini, bersamaan dengan pengumuman pembukaan gelombang 7.

Untuk gelombang 5, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat 1,77 juta orang telah mendaftar Kartu Prakerja.

“Jumlah pendaftar gelombang 6 akan kami sampaikan pada saat penutupan pendaftaran Siang Ini, gelombang 7 akan kami sampaikan setelah penutupan gelombang 6,” katanya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa tidak ditemukan kendala dalam pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja, sejak gelombang 4 pendaftaran relatif baik dan tidak lagi memerlukan swafoto.

Demikian, untuk mekanisme pendaftaran setiap gelombang Kartu Prakerja durasi pembukaannya bervariasi, ada yang 5 hari bahkan 7 hari. Seperti halnya gelombang 6 yang akan ditutup siang ini.

“Durasinya bervariasi. Ada yang 5 hari ini (gelombang 6)  ada yang 7 hari,” pungkasnya.   

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja