Sukses

Wall Street Ditutup Positif usai Saham Perusahaan Industri Menguat

Bursa sahamdi AS ditutup menguat pada perdagangan Jumat

Liputan6.com, Jakarta - Bursa saham di AS ditutup menguat pada perdagangan Jumat. Kinerja ini sekaligus menutup Dow Jones Industrial Average di level yang cukup kuat dalam satu minggunya.

Dikutip dari CNBC, Ssabtu (29/8/2020), 30 saham Dow ditutup 161,60 poin lebih tinggi, atau 0,6 persen, pada 28.653,87. S&P 500 naik 0,7 persen menjadi ditutup pada 3.508,01. Itu adalah penutupan pertama indeks di atas 3.500. Nasdaq Composite naik 0,6 persen untuk mengakhiri hari di 11.695,63.

Kenaikan hari Jumat menempatkan Dow di wilayah positif untuk tahun ini. Dow belum menunjukkan kenaikan tahun ini sejak akhir Februari, ketika diperdagangkan di sekitar level tertinggi sepanjang masa. Setelah penutupan hari Jumat, Dow naik 0,4 persen untuk tahun 2020.

"Ini menghapus kerugian 2020 mereka, kata Randy Frederick, wakil presiden perdagangan dan derivatif di Charles Schwab. "Sampai batas tertentu, ini secara psikologis positif bagi pasar," tambahnya.

Dia mencatat, bagaimanapun, hampir tak terhindarkan bahwa Dow akan kembali ke wilayah positif. “Nasdaq telah positif untuk waktu yang lama dan S&P 500 sekarang naik lebih dari 8 persen untuk tahun ini.

Walmart dan Coca-Cola memimpin jalan bagi Dow, masing-masing naik 2,7 persen dan 3,3 persen. Teknologi dan energi adalah sektor dengan kinerja terbaik di S&P 500, masing-masing naik 1,1 persen dan 1,9 persen.

Untuk minggu ini, Dow naik 2,6 persen untuk kenaikan mingguan ketiga dalam empat minggu. S&P 500 dan Nasdaq keduanya mencatatkan kemenangan beruntun lima minggu, masing-masing naik lebih dari 3 persen. Ini menandai kemenangan beruntun lima minggu pertama S&P 500 sejak akhir 2019. Ini juga rekor terpanjang bagi Nasdaq sejak kemenangan beruntun enam minggu yang berakhir pada Januari.

Kenaikan hari Jumat menempatkan S&P 500 di jalur untuk kenaikan terbesar Agustus sejak 1984. Indeks pasar yang lebih luas naik 7,2 persen bulan ini.

"Untuk saat ini, saham tampaknya menikmati yang terbaik dari kedua dunia karena mereka melihat tanda-tanda peningkatan momentum ekonomi sementara stimulus moneter terus menjadi sangat akomodatif - dan lebih banyak stimulus fiskal kemungkinan akan segera terjadi," Yousef Abbasi, ahli strategi pasar global di StoneX, kata dalam sebuah catatan.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kebijakan The Fed

Wall Street mengalami kinerja beragam setelah Federal Reserve pada hari Kamis mengumumkan perubahan kebijakan utama, yang memungkinkan inflasi dan lapangan kerja berjalan lebih tinggi untuk terus mendukung perekonomian.

Pergerakan ini mengindikasikan bahwa suku bunga cenderung mendekati nol untuk jangka waktu yang lama. Bank sentral sebelumnya menaikkan suku bunga terlebih dahulu untuk mencegah tingkat inflasi yang lebih tinggi.

Di sisi data, belanja konsumen AS naik 1,9 persen pada Juli, melampaui perkiraan Reuters sebesar 1,5 persen, kata Departemen Perdagangan. Penghasilan pribadi juga lebih kuat dari yang diharapkan, naik 0,4 persen sementara ekonom memperkirakan penurunan 0,2 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini