Sukses

Dirut Garuda Indonesia Sesalkan Kasus Pelecehan Awak Kabin di Rute Biak-Jayapura

Garuda Indonesia melaporkan adanya kasus pelecehan awak kabin oleh salah satu oknum penumpang pada rute penerbangan Biak-Jayapura hari ini, Jumat 28 Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta - Garuda Indonesia melaporkan adanya kasus pelecehan awak kabin oleh salah satu oknum penumpang pada rute penerbangan Biak-Jayapura hari ini, Jumat 28 Agustus 2020.

Peristiwa pelecehan tersebut terjadi pada penerbangan GA 650 rute Biak-Jayapura. Atas peristiwa itu, Pilot in Command (PIC) pada penerbangan tersebut melaporkan peristiwa yang terjadi kepada pihak berwajib di Bandara Sentani, Jayapura. Dalam hal ini Kepolisian Kesatuan Pelaksana Pengawasan Pelabuhan Udara (KP3U) dan Aviation Security (Avsec).

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menyatakan, pihak maskapai berkomitmen untuk senantiasa memberikan perhatian serius dan dukungan penuh bagi awak kabin yang mengalami tindakan pelecehan ketika menjalankan tugas.

"Kami sangat menyesalkan dan menaruh perhatian sangat serius terhadap peristiwa tersebut. Garuda Indonesia berkomitmen untuk selalu memberikan dukungan penuh terhadap karyawannya yang mengalami tindakan tidak menyenangkan ketika sedang bertugas," ujarnya dalam pesan tertulis kepada Liputan6.com, Jumat (28/8/2020).

Irfan menekankan, hal tersebut sejalan dengan komitmen perusahaan dalam memastikan hak karyawan untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan selama bekerja agar dapat terpenuhi dengan baik.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, penumpang yang melakukan tindakan pelecehan kemudian dijemput di dalam pesawat oleh pihak aviation security dan KP3U. Itu dilakukan ketika pesawat mendarat di Bandara Sentani untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak berwajib.

"Ke depannya tentunya kami harapkan hal ini dapat menjadi pembelajaran bersama bagi seluruh pihak untuk terus membangun kesadaran atas pentingnya mengedepankan etika kesantunan dalam menggunakan moda transportasi publik. Hal ini tentunya menjadi tanggung jawab bersama tanpa memandang status sosial, pangkat maupun jabatan," serunya.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Indonesia Buka 11 Rute Domestik Baru, ke Mana Saja?

PT Garuda Indonesia Tbk secara efektif membuka rute penerbangan baru untuk perjalanan domestik. Rute baru tersebut berjumlah 11 dan sudah efektif berjalan.

"Rute Garuda Indonesia sudah efektif berjalan," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (23/8/2020).

Adapun rute baru tersebut ialah:

- Bandung, Bandara Husein Sastranegara-Denpasar pergi pulang (pp)

- Bandung Bandara Husein Sastranegara-Medan (pp)

- Balikpapan-Berau (pp)

- Balikpapan-Makassar (pp)

- Balikpapan-Yogyakarta (pp)

- Balikpapan-Banjarmasin (pp)

- Makassar-Berau (pp)

- Makassar-Manado (pp)

- Banjarmasin-Yogyakarta (pp)

- Surabaya-Lombok (pp)

- Yogyakarta-Palembang (pp)

Terkait harga tiket, mengutip laman resmi Garuda Indonesia, rute penerbangan Bandung Husein Sastranegara - Denpasar pada tanggal 30 Agustus dan 2 September dibanderol sekitar Rp 837.200 (harga normal).

Kemudian untuk rute Surabaya - Lombok, keberangkatan 30 Agustus dibanderol seharga Rp 733 ribu (harga normal). Lalu rute Balikpapan - Yogyakarta kelas bisnis dibanderol sekitar Rp 1,41 juta, dan untuk kelas ekonomi dihargai Rp 1,15 juta.

Dalam tiap perjalanan, Garuda Indonesia memastikan penerapan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 diterapkan secara maksimal.

3 dari 3 halaman

Kangen Terbang? Garuda Indonesia Tawarkan Diskon Tiket 45 Persen

Garuda Indonesia tidak menawarkan promo khusus dalam menyambut Libur Tahun Baru Islam. Melainkan hal itu termasuk ke dalam promo bulan Agustus, dengan diskon tiket pesawat hingga 45 persen.

“Untuk bulan Agustus ini promo kita sebagai berikut di laman www.garuda-indonesia.com,” kata Vice President Corporate Secretary at PT Garuda Indonesia Mitra Piranti, kepada Liputan6.com, Selasa (18/8/2020).

Dalam laman tersebut, tertulis Garuda Indonesia memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan. Terlebih lagi di bulan Agustus ini, diskon hingga 45 persen yang ditawarkan untuk yang #KangenTerbang.

Seperti yang tertera dalam syarat dan ketentuan, periode Pemesanan pada  6 Agustus - 31 Agustus 2020, dan periode Perjalanan pada 14 Agustus - 31 Agustus 2020.

Promo tersebut, berlaku untuk pembelian di Website Garuda Indonesia, aplikasi GIA Mobile, Contact Center 24 jam dan kantor penjualan Garuda Indonesia. Perlu diingat, harga diskon berdasarkan pada ketersediaan kursi.

Selain itu, diskon berlaku untuk pembelian tiket sekali jalan dan pergi-pulang. Kemudian harga yang tertera sudah termasuk pajak (harga nett).

Demikian ketentuan refund, reissued, dan reschedule dari tiket pesawat mengacu pada aturan yang berlaku di Garuda Indonesia sesuai subclass tiket masing-masing.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.