Sukses

Tips Membuat Orang Terkesan saat Wawancara Kerja

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar sukses dalam wawancara.

Liputan6.com, Jakarta Saat Anda dihubungi untuk melanjutkan ke tahap wawancara, selamat! Sekarang saatnya bersiap-siap. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda persiapkan agar sukses dalam wawancara, seperti dikutip Indeed.

Tips sebelum wawancara

1. Mulailah dengan meneliti perusahaan dan pewawancara

Memahami informasi kunci tentang perusahaan yang Anda wawancarai dapat membantu memasuki wawancara kerja dengan percaya diri.

Menggunakan situs web perusahaan, postingan media sosial, dan rilis pers terbaru akan memberikan pemahaman yang kuat tentang tujuan perusahaan dan bagaimana latar belakang Anda membuat Anda sangat cocok.

2. Latih jawaban untuk pertanyaan wawancara umum

Persiapkan jawaban Anda untuk pertanyaan umum: "Ceritakan tentang diri Anda, dan mengapa Anda tertarik dengan peran ini di perusahaan kita?" Idenya adalah dengan cepat mengomunikasikan siapa Anda dan nilai apa yang akan Anda bawa ke perusahaan dan perannya.

Tips: Anda harus bersiap untuk mendiskusikan ekspektasi gaji

3. Baca kembali deskripsi pekerjaan

Anda mungkin ingin mencetaknya dan mulai menggarisbawahi keterampilan khusus yang dicari pemberi kerja. Pikirkan tentang contoh dari pekerjaan Anda sebelumnya dan saat ini yang sejalan dengan persyaratan ini.

4. Gunakan metode STAR dalam menjawab pertanyaan

Bersiaplah untuk ditanya tentang masa lalu ketika Anda menggunakan keterampilan tertentu dan gunakan metode STAR untuk menjelaskan cerita dengan Situation (situasi), Task (tugas), Action (tindakan), dan Result (hasil) yang jelas.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertanyaan yang bisa ditanyakan pada pewawancara

Sebenarnya mempraktikkan jawaban Anda dengan lantang adalah cara yang sangat efektif untuk mempersiapkan. Katakan pada diri sendiri atau minta teman untuk membantu melatih jawaban. Sehingga Anda akan merasa percaya diri saat terbiasa mengucapkan kata-kata.

6. Siapkan daftar referensi

Pewawancara Anda mungkin meminta Anda untuk menyerahkan daftar referensi sebelum atau sesudah wawancara Anda. Memiliki daftar referensi yang disiapkan sebelumnya dapat membantu menyelesaikan langkah ini dengan cepat untuk maju dalam proses perekrutan.

7. Bersiaplah dengan contoh pekerjaan 

Selama wawancara, Anda mungkin akan ditanya tentang pekerjaan tertentu yang telah Anda selesaikan sehubungan dengan posisi tersebut.

Setelah meninjau deskripsi pekerjaan, pikirkan pekerjaan yang telah Anda lakukan di pekerjaan sebelumnya, klub atau posisi sukarela yang menunjukkan bahwa Anda memiliki pengalaman dan kesuksesan dalam melakukan pekerjaan yang mereka butuhkan.

8. Siapkan pertanyaan cerdas untuk pewawancara 

Wawancara adalah jalan dua arah. Pemberi kerja mengharapkan Anda untuk mengajukan pertanyaan: mereka ingin tahu bahwa Anda berpikir serius tentang bagaimana rasanya bekerja di sana.

 

3 dari 3 halaman

5. Rekrut seorang teman untuk berlatih menjawab pertanyaan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin ingin Anda pertimbangkan untuk ditanyakan pada pewawancara:

- Dapatkah Anda menjelaskan beberapa tanggung jawab spesifik dari pekerjaan ini?

- Bagaimana Anda menggambarkan karakteristik seseorang yang akan berhasil dalam jabatan ini?

- Jika saya berada di posisi ini, bagaimana kinerja saya akan diukur?

- Bagaimana biasanya departemen ini berkolaborasi?

- Seperti apa proses itu?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.