Sukses

Bingung Bicara Masalah Keuangan dengan Pasangan? Ikuti Tips Ini

Komunikasikanlah tentang keuangan kepada pasangan kalian agar kehidupan rumah tangga lebih harmonis.

Liputan6.com, Jakarta Bicara tentang uang tentunya akan terasa lebih sensitif dan privasi bagi banyak orang. Apalagi jika berbicara mengenai pengaturan dan kesepakatan anggaran dengan pasangan. Tetapi hal tersebut haruslah dibicarakan dengan pasangan kalian agar memiliki hubungan yang tahan lama.

Mengkomunikasikan keuangan yang Anda miliki dengan pasangan dilakukan agar bisa saling terbuka tentang bagaimana membelanjakan, menabung dan berinvestasi sehingga dapat mengurangi resiko adu argument dalam berumah tangga.

Bagi Anda yang masih ragu-ragu dan bingung bagaimana cara melakukannya, melansir dari yourtango, Kamis (27/8/2020), berikut 4 tips melakukan percakapan terbuka dengan pasangan tentang keuangan yang bisa diikuti.

1. Bersikap terbuka

Setiap orang memiliki rasa sensitif terhadap uang yang berbeda-beda. Cara seseorang dibesarkan dapat membentuk cara mereka memandang uang. Oleh karena itu terimalah perbedaan tersebut dan mulailah dengan pelan-pelan untuk berbicara mengenai uang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips mengkomunikasikan keuangan

2. Lakukan percakapan dengan hati

Penting untuk melakukan percakapan secara serius dan tidak menghindari pertanyaan sulit bersama dengan pasangan.

Pilih waktu yang pas untuk berdiskusi mengenai bagaimana Anda menganggarkan, termasuk apa yang ingin diubah jika sudah menggabungkan keuangan.

3. Tetapkan tujuan bersama

Ingatlah bahwa Anda dan pasangan adalah satu tim untuk mencapai tujuan bersama. Bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama akan membantu Anda melihat pengelolaan keuangan secara positif, terutama jika bisa mencapai tujuan tersebut.

4. Bertanggung jawab

Bahkan jika belum siap untuk menggabungkan keuangan, saling curhatlah tentang tujuan uang pribadi Anda. Apapun tujuannya saling mendukunglah maka akan membantu Anda merasa lebih nyaman saat membicarakan tentang uang.

 Reporter: Tasya Stevany

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.