Sukses

Jokowi Resmikan Gedung Sekolah Vokasi Undip Hibah Sinar Mas dan Astra

Kebutuhan sumber daya manusia berlatar belakang pendidikan vokasi sesungguhnya tinggi. Hanya saja, kuantitas angkatan kerja kejuruan memang terbatas.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai dukungan terhadap upaya pemerintah mengembangkan pendidikan vokasi, Sinar Mas dan Astra bermitra dengan Universitas Diponegoro membangun Gedung Sekolah Vokasi Undip. Peresmian gedung ini dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara virtual dari Istana Bogor.

Jokowi menjelaskan, prioritas Kabinet Indonesia Maju lima tahun ke depan adalah pengembangan sumber daya manusia untuk membawa Indonesia menjadi negara maju. Karena saat puncak bonus demografi tiba, di mana usia kerja mendominasi proporsi penduduk Indonesia.

Indonesia harus menyediakan peluang kerja sebanyak-banyaknya, meningkatkan kapasitas SDM yang lebih produktif, lebih kompetitif, di mana pendidikan vokasi menempati posisi penting dalam pengembangan SDM .

"Oleh karena itu, saya menyambut baik bantuan dari Sinar Mas, dan grup Astra kepada Universitas Diponegoro dalam bentuk gedung dan juga infrastruktur pendukungnya untuk pendidikan vokasi,” ujar Jokowi dikutip dari keterangan tertulis, Rabu (26/8/2020).

Kebutuhan sumber daya manusia berlatar belakang pendidikan vokasi sesungguhnya tinggi. Hanya saja, kuantitas angkatan kerja kejuruan memang terbatas, dan mereka yang memiliki kemampuan sesuai kebutuhan industri lebih sedikit lagi jumlahnya.

"Kemitraan seperti ini dapat menjadi solusi untuk menjembatani kebutuhan kami,” ujar Managing Director Sinar Mas, G. Sulistiyanto saat mendampingi Presiden serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim dan Sekretaris Kabinet, Pramono Anung di Bogor.

Dirinya menilai keberadaan kampus berkonsep bangunan hijau ini adalah simbolisasi komitmen sivitas akademika dalam menjawab tantangan zaman, di sebuah lingkungan yang ramah lingkungan dan energi, sekaligus humanis.

Dukungan hari ini merupakan kelanjutan komitmen Sinar Mas dalam pengembangan pendidikan vokasi setelah sebelumnya bersama Institut Teknologi Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bekasi mendirikan pada Institut Teknologi dan Sains Bandung di Deltamas Bekasi tahun 2010, kemudian meresmikan Politeknik Sinar Mas Berau Coal di Kalimantan Timur tahun 2019.

Tahun ini, inisiatif berwujud program Revitalisasi SMK yang memunculkan SMK binaan dengan bidang studi Marketing dan Komunikasi Digital (Medsos), yakni SMK 1 Gunung Sahari dan SMK Kanisius Ungaran. Pada lingkup internal, melalui Eka Tjipta Foundation telah tersedia rambu bagi program pemagangan berpola dual system – di mana sektor industri terlibat dalam penyusunan kurikulum yang memadukan 30 persen pembelajaran dan 70 persen praktik di lingkungan kerja.

Presiden Direktur Astra Djony Bunarto Tjondro mengatakan, Astra turut mendukung program pendidikan vokasi di tingkat sekolah menengah dan perguruan tinggi. Hingga saat ini, Grup Astra telah membina 2.813 SMK dalam bentuk pengembangan yang link and match antara SMK dan industri, praktek kerja lapangan, pengembangan kurikulum serta prasarana pendidikan.

"Astra melalui Politeknik Manufaktur Astra mengadopsi sistem pendidikan vokasi Dual System Jerman, telah meluluskan 3.470 Ahli Madya Teknik yang berkontribusi terhadap perkembangan industri di Indonesia. Dukungan Astra ini sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa,” tutur Djony.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teknologi 4.0

Gedung Sekolah Vokasi yang mulai dibangun pada 12 Maret 2019 di atas lahan seluas 4.900 meter persegi, dirancang untuk memenuhi berbagai aktivitas pendidikan vokasional, antara lain ruang kuliah berteknologi 4.0 seperti digital class room, video conference, studio produksi bahan kuliah MOOC (Massive Online Open Course), ruang perpustakaan dan arsip digital, serta laboratorium.

Terdapat juga ruangan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dan Vocational Development Center (VDC) guna menyiapkan para lulusan agar benar-benar siap kerja. Selain itu tersedia lounge entrepreuneurship kerjasama Undip dengan GK Plug and Play, sebuah akselerator yang telah mendunia, sehingga memberikan nilai lebih dalam membentuk sosok para pebisnis muda.

Gedung Sekolah Vokasi terdiri dari 4 lantai, bersertifikat green building internasional dari Green Building Council. Sebagai green building, gedung ini dilengkapi dengan panel surya pada bagian atap yang dapat mencatu daya sebesar 25 KVA untuk penyediaan listrik gedung.

Keberadaan panel surya ini sekaligus dapat dijadikan sebagai teaching industry di bidang renewable energy. Gedung dilengkapi pula dengan pengolahan limbah cair (water recycle system), material gedung ramah lingkungan, desain pencahayaan dan ventilasi yang memadai sehingga dapat menghemat energi, serta sebaran biopori untuk peresapan air hujan.

Sekolah Vokasi Undip memiliki visi menjadi pusat pendidikan vokasional yang unggul bertaraf Internasional, dengan mengusung tagline “Saatnya Vokasi Juara”. Terdapat 11 program studi S1 Terapan yang tergabung dalam 4 Departemen yaitu Departemen Teknologi Industri, Departemen Sipil dan Perencanaan, Departemen Informasi dan Budaya, serta Departemen Bisnis dan Keuangan.

Dengan jumlah mahasiswa mencapai 7.000 orang yang akan memanfaatkan berbagai fasilitas yang ada di gedung baru ini. Hibah Gedung dari Sinar Ma dan Astra merupakan wujud nyata kuatnya link and match antara kampus dengan industri dalam rangka menghadapi persaingan global dan hadirnya revolusi industri 4.0.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.