Sukses

Edhy Prabowo Ingin Mahasiswa Maluku Jadi Pengusaha Perikanan

Edhy Prabowo mendorong mahasiswa Maluku agar bisa menekuni usaha perikanan

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mendorong mahasiswa Maluku agar bisa menekuni usaha perikanan mengingat besarnya potensi perikanan tangkap maupun budidaya di provinsi mereka tinggal.

Dari 12,54 juta ton potensi sumber daya ikan Indonesia, 4 juta-nya berasal dari perairan Maluku. Jumlah tersebut menandakan besarnya potensi perikanan tangkap di provinsi tersebut. Di samping itu, Maluku juga punya lahan potensial untuk budidaya ikan.

"Saya ingin meningkatkan bagaimana peran masyarakat Maluku sendiri dalam memanfaatkan potensi yang dimiliki. Kalian yang di sini juga jangan hanya memberi masukan, terjun juga ke lapangan jadi pemain (pelaku usaha)," ujar Menteri Edhy dalam keterangannya, Rabu (26/8/2020).

Pihaknya juga bahkan menargetkan hasil perikanan Maluku bisa diekspor langsung tanpa melalui Jakarta, baik itu melalui jalur laut maupun udara.

Nantinya, mahasiswa yang terjun ke usaha perikanan akan didukung dengan pinjaman modal, bantuan fasilitas, dan bimbingan teknis. Yang terpenting, sambung Edhy, setelah lulus nanti mereka serius dalam menjalankan usaha perikanan.

Usaha yang dimaksud bisa meliputi perikanan tangkap, budidaya, bahkan kuliner. Untuk permodalan, KKP sendiri telah menyiapkan dana BLU berupa pinjaman tanpa agunan dan Kredit Usaha Rakyat (KUR) melalui perbankan.

"Agunannya cukup aktivitas usaha kalian. Bunganya pun kecil hanya 3 persen," jelasnya.

Adapun, perwakilan mahasiswa yang bertemu Menteri Edhy berasal dari PB Pergerakan Pelajar Maluku yang beranggotakan sekitar 2.000 putra - putri Provinsi Pulau Seribu dan tengah menempuh pendidikan di Jakarta.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Edhy Prabowo: Potensi Ekonomi Kelautan dan Perikanan Indonesia USD 1.338 Miliar

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo menegaskan sektor kelautan dan perikanan bisa menjadi andalan bagi perekonomian Indonesia.

Sebagai negara kepulauan yang memiliki 17.504 pulau, potensi ekonomi kelautan Indonesia diprediksi mencapai USD 1.338 miliar per tahun (data estimasi Kementerian Kelautan dan Perikanan, 2020). Terlebih, potensi serapan lapangan kerja bisa mencapai 45 juta orang atau 40 persen dari total angkatan kerja Indonesia.

"Ini potensi yang besar. Nilai strategis adalah peluang yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Potensi ini adalah modal dasar pembangunan indonesia," kata Menteri Edhy Prabowo dalam keterangan resmi, Jumat (21/8/2020).

Perkiraan angka ini berasal dari sebelas sektor yakni perikanan tangkap USD 20 miliar, perikanan budidaya USD 210 miliar, industri pengolahan USD 100 miliar, dan industri bioteknologi USD 180 miliar.

Kemudian energi dan sumber daya mineral (garam) USD 210 miliar, pariwisata USD 60 miiar, transportasi USD 30 miliar, industri dan jasa maritim USD 200 miliar, coastal forestry USD 8 miliar, sumber daya wilayah pulau-pulau kecil USD 120 miliar, dan sumber daya non konvensional USD 200 miliar.

Menurutnya, melalui kebijakan yang tepat, keberlanjutan dan ekonomi bisa berjalan beriringan. Hal ini pun sejalan dengan amanat konstitusi bahwa kekayaan alam Indonesia digunakan untuk kemakmuran rakyat.

Edhy Prabowo sendiri tengah gencar menggenjot produktivitas 100 ribu hektare lahan tambak udang dan akan menghasilkan USD 20 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini