Ingin Makan Sehat tapi Budget Minim, Ikuti Tips Ini

Oleh Liputan6.com pada 28 Agu 2020, 05:00 WIB
Diperbarui 28 Agu 2020, 05:00 WIB
Makanan sehat/Unsplash Dan
Perbesar
Makanan sehat/Unsplash Dan

Liputan6.com, Jakarta Makanan adalah kebutuhan setiap manusia. Tanpa mengisi tenaga dengan makanan, Anda tidak akan kuat dan menjadi lemas untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

Menerapkan pola makan yang sehat setiap harinya adalah idaman banyak orang. Tetapi makanan yang sehat cenderung lebih mahal sehingga bisa menjadi boros dan melebihi budget yang sudah ditentukan sehingga lebih sulit untuk dilakukan.

Lantas bagaimana jika Anda ingin makan-makanan yang sehat tetapi dengan budget terbatas?

Mengutip dari Lifehack.org, Jumat (26/08/2020) berikut tips yang bisa Anda ikuti agar untuk tetap makan-makanan yang sehat dengan budget yang terbatas.

1. Membuat rencana makan

Jika Anda ingin membuat perencanaan makan sehat yang sesuai dengan budget, Anda dapat dengan mudah memangkas harga yang sama dengan makanan junk food.

Selain itu juga melalui perencanaan makanan sederhana yang ada di lemari es dan menambahkan beberapa makanan dengan bahan sederhana.

2. Memasak dalam jumlah banyak

Tidak hanya menghemat banyak waktu, tetapi juga uang. Jika Anda menemukan makanan yang akan dibuat dengan bahan yang serupa, sehingga dengan mudah dapat menghemat lebih banyak uang daripada saat Anda makan tidak sehat.

3. Masak semua makanan dalam satu hari

Jika Anda memiliki banyak makanan untuk dibawa pergi maka akan jauh lebih kecil kemungkinannya untuk menyantap makanan yang lebih mahal ketika Anda lapar. Selain itu menyiapkan makanan akan membantu untuk tetap pada rencana makan yang sudah Anda buat.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tips makan sehat sesuai budget

ilustrasi makanan sehat/unsplash
Perbesar
ilustrasi makanan sehat/unsplash

4. Kurangi cemilan dan item khusus

Ingatlah jika Anda membeli cemilan lain maka akan mempengaruhi pada budget pengeluaran yant akan bertambah. Sehingga jika Anda ingin membeli cemilan lebih baik dipikir-pikir kembali.

5. Puaskan diri Anda dengan makanan favorit

Apapun makanan favorit Anda, temukan cara terbaik untuk memasukkannya ke dalam budget pengeluaran. Seperti membuat sendiri makanan favorit Anda di rumah.

Seringkali, sesuatu yang mirip dengan keinginan Anda sudah cukup untuk memberi rasa kepuasan pada diri sendiri.

6. Berpegang pada protein yang lebih murah

Alih-alih membeli daging steak cobalah untuk membeli ayam atau telur beku karena lebih murah. Anda bahkan dapat mencoba menjadi vegetarian untuk beberapa kali makan jika ingin menghemat biaya.

7. Beli buah dan sayuran beku

Semua orang menyukai buah dan sayur yang segar tetapi akan terasa lebih mahal. Cara yang tepat adalah dengan membeli yang beku agar tetap bisa menghemat biaya.

8. Tumpuk kalori dengan nasi dan kacang

Masalah yang ditemukan ketika mencoba makan sehat adalah sulit mendapatkan junlah kalori yang dibutuhkan tanpa bergantung pada makanan khusus yang mahal. Sehingga tetap berpegang pada nasi dan kacang-kacangan sebagai makanan utama Anda.

9.  Cobalah acai bowl

Acai bowl bisa menjadi makanan yang sangat murah dan mengenyangkan jika melakukan dengan benar. Membuat sendiri di rumah akan lebih murah dibanding Anda membeli yang sudah jadi.

10. Membuat kit makanan sendiri

Potong dan masukkan bahan makanan ke dalam ziplock untuk dimasak setiap hari. Temukan resep-resep makanan di internet sebagai referensi.

[Fimela] Makanan Sehat
Perbesar
Ilustrasi Makanan Sehat | unsplash.com/@ellaolsson

11. Jangan minum di luar

Jika Anda membutuhkan minuman yang khusus, cobalah buat minuman favorit di rumah. Dengan melakukan hal tersebut maka Anda akan terkejut hal kecil yang telah Anda lakukan dengan perbandingan anggaran yang ada.

12. Beli dengan murah di online

Membeli makanna dari online bisa menjadi cara yang sangat terjangkau untuk menghemat budget anggaran Anda.

13. Jangan khawatir tentang clean fifteen

Salah satu hal besar yang mengacaukan anggaran adalah makanan organik.

14. Perhatikan penyimpanan

Cobalah untuk selalu mengetahui berapa banyak produk yang dapat Anda gunakan sebelum expired. Berinvestasi dalam wadah penyimpanan makanan yang baik juga bisa membantu dalam jangka panjang.

 

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tips lainnya

[Fimela] makanan sehat
Perbesar
ilustrasi makanan sehat dan beras merah | unsplash.com/@ellaolsson

15. Bekukan makanan sebelum membusuk

Sebagian besar sayur beku akan terasa lezat untuk ditumis. Selain itu Anda juga bisa membekukan buah untuk dibuat menjadi smoothies.

16. Pertimbangakn membuang sebagian besar suplemen dan bubuk  

Jika anggaran Anda terbatas mungkin akan sulit untuk memasukkan suplemen dan bubuk. Dibanding menambah bubuk, lebih baik menambahkan nutrisi ekstra ke makanan Anda.

17. Gunakan aplikasi anggaran

Untuk melacak anggaran Anda dengan mudah gunakan berbagai aplikasi yang ada dan tentunya yang gratis.

18. Gunakan apa yang Anda miliki

Kebanyakan orang memiliki banyak produk makanan yang tidak terpakai yang tergeletak di lemari. Alih-alih membiarkannya, lebih baik memasukkan ke dalam rencana makan Anda.

19.Nikmati prosesnya

Menemukan cara untuk menikmati gaya hidup yang baru akan membantu Anda untuk mempertahankannya dalam jangka waktu yang panjang. Temukan kesenangannya dengan cara melihat berapa banyak uang yang bisa Anda hemat setiap bulannya.

 

Reporter: Tasya Stevany

Lanjutkan Membaca ↓