Sukses

Cara Tenang Hadapi Wawancara Kerja Secara Panel, Yuk Disimak

Wawancara panel bisa menjadi lebih menakutkan, karena alih-alih diwawancarai satu lawan satu, Anda diwawancarai oleh dua orang atau lebih.

Liputan6.com, Jakarta - Wawancara kerja seringkali menakutkan. Gagasan untuk menjual diri, keterampilan, pengalaman, dan kepribadian Anda kepada orang lain melalui serangkaian pertanyaan dan jawaban, tidaklah mudah. Tapi mereka tidak seharusnya mudah.

 Inti dari wawancara adalah agar sebuah organisasi mencoba dan mencari tahu apakah Anda akan cocok untuk peran yang Anda wawancarai, dan untuk perusahaan secara keseluruhan, dan mereka hanya memiliki waktu terbatas untuk mencoba dan menemukan keluar informasi ini.

Wawancara panel bisa menjadi lebih menakutkan, karena alih-alih diwawancarai satu lawan satu, Anda diwawancarai oleh dua orang atau lebih. Organisasi lebih sering menggunakan wawancara panel sekarang karena mereka menghemat waktu dan bahkan lebih menekan kandidat. 

Meskipun wawancara kerja secara panel tidak pernah semudah dan tidak menegangkan, seringkali wawancara itu tidak seburuk yang dipikirkan. 

Faktanya, wawancara panel bisa berarti bahwa Anda hanya akan diwawancarai sekali, daripada diwawancarai secara terpisah oleh setiap orang di panel.

Melansir dari lifehack.org, Senin (23/8/2020) berikut adalah beberapa tips yang akan membuat wawancara panel lebih mudah sehingga Anda dapat mengurangi tekanan, menjadi lebih percaya diri dan dapat menunjukkan kepada pewawancara mengapa Anda sempurna untuk peran tersebut: 

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Persiapkan Diri dengan Baik

- Seperti kebanyakan hal dalam hidup, persiapan itu penting. Wawancara itu seperti ujian, dan Anda tidak akan mengikuti tes tanpa mempelajari dan mempersiapkannya, bukan?

- Cari tahu siapa yang mewawancarai Anda dan apa posisi mereka di perusahaan. Mengetahui siapa yang akan mewawancarai, membuat segalanya menjadi sedikit kurang menakutkan. Ini juga dapat membantu mengetahui jenis pertanyaan apa yang mungkin ditanyakan oleh setiap pewawancara kepada Anda.

- Teliti perusahaan dan perannya. Pastikan Anda tahu apa yang dilakukan perusahaan, apa layanan dan produk mereka, pesaing mereka, prestasi dan penghargaan mereka. Cari tahu persis apa yang mereka cari dari seorang kandidat dan apa peran sebenarnya yang dibutuhkan.

- Berlatih pertanyaan wawancara. Selalu ada pertanyaan wawancara standar yang harus Anda jawab. Teliti pertanyaan yang kemungkinan besar akan Anda tanyakan dan pastikan memiliki jawaban untuk mereka. Pikirkan contoh situasi di mana Anda telah menggunakan keterampilan atau pengalaman yang diperlukan untuk peran tersebut. Juga, ingatlah bahwa mungkin ada beberapa pertanyaan curveball yang tidak dapat dipersiapkan dengan tepat, tetapi mengharapkannya akan membantu.

- Siapkan pertanyaan Anda sendiri. Di akhir wawancara biasanya ditanya apakah Anda punya pertanyaan sendiri. Ada baiknya memiliki beberapa pertanyaan karena ini menunjukkan bahwa Anda benar-benar tertarik pada perusahaan dan posisinya, dan telah melakukan riset. Saat meneliti perusahaan, catat dua atau tiga pertanyaan yang belum Anda temukan jawabannya.

- Teliti perjalanan ke tempat wawancara, kondisi transportasi dan lalu lintas dan selalu rencanakan untuk datang lebih awal. Jauh lebih baik datang terlalu awal daripada datang terlambat.  

3 dari 4 halaman

2. Libatkan Panel dengan Terampil

- Selama wawancara, mungkin sulit untuk mengetahui ke mana harus mencari karena ada beberapa orang yang diajak bicara. Anda perlu memastikan bahwa terlibat dengan semua pewawancara.

- Kesan pertama dihitung. Lakukan kontak mata saat Anda menyapa setiap pewawancara. Tersenyumlah dan beri mereka jabat tangan yang kokoh.

- Sulit mengingat nama orang saat pertama kali bertemu mereka, terutama saat Anda gugup. Tapi cobalah untuk mengingat nama pewawancara. Melakukan penelitian sebelumnya tentang siapa yang mewawancarai akan membantu dalam hal ini.

- Berhati-hatilah untuk tidak mengecualikan siapa pun. Selama tanya jawab, buat kontak mata dengan siapa pun yang mengajukan pertanyaan, tetapi saat memberikan jawaban, pastikan Anda menjawab seluruh panel.  

4 dari 4 halaman

3. Waspadai Nada dan Penyampaian Anda

- Ingatlah bahwa selama wawancara, apa yang Anda katakan bukanlah satu-satunya hal yang akan diperhatikan pewawancara. Selama wawancara panel, akan meminta beberapa orang memperhatikan keseluruhan sikap dan bahasa tubuh Anda.

- Bersikaplah positif dan optimis. Anda ingin menyoroti keterampilan dan pengalaman serta menunjukkan mengapa cocok dengan peran tersebut. Namun, berhati-hatilah untuk tidak terdengar sombong dan terlalu percaya diri, tidak peduli seberapa baik menurut Anda wawancara itu berlangsung.

- Cobalah untuk rileks. Tarik napas dalam-dalam. Minumlah air jika Anda merasa mulut mulai kering. Jangan gelisah. Jangan melipat lengan di atas dada atau duduk dalam posisi tertutup lainnya. Ingatlah untuk tersenyum.

- Pikirkan tentang nada dan penyampaian Anda. Tidak ada yang mau mendengarkan seseorang yang terdengar bosan atau lelah atau tidak tertarik. Tetapi pada saat yang sama, sambil menunjukkan antusiasme, jelaskan dan pertahankan kecepatan saat berbicara.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.