Sukses

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Tutup Minggu, Kapan Dibuka Lagi?

Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 5 saat ini masih terus dibuka hingga Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 5 saat ini masih terus dibuka hingga Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB. Rencananya, proses pendaftaran bakal kembali dilanjutkan untuk gelombang selanjutnya.

Lantas, kapan masa pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 6 akan dibuka?

Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, pihaknya akan mengabarkan hal tersebut bertepatan saat menutup proses pendaftaran gelombang saat ini. Namun, ia belum mau memberikan bocoran soal pengumuman tersebut.

"Untuk gelombang 6 akan kami umumkan bersamaan dengan penutupan gelombang 5 hari Minggu," kata Louisa kepada Liputan6.com, Jumat (21/8/2020).

Sebelumnya, Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja mencatat, jumlah pendaftar pada gelombang V yang akan ditutup pada Minggu lusa terus bertambah. Jumlahnya kini sudah mendekati sekitar 1,3 juta orang.

PMO Kartu Prakerja juga telah melakukan survey kepada 240 ribu penerima, dan menemukan hasil dimana banyak peserta yang telah memulai usaha sendiri dan berwirausaha dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat program tersebut.

Berdasarkan pada hasil survey tersebut, Louisa melaporkan, jenis usaha yang dijalankan para penerimanya terdiri dari bermacam bidang. Seperti memulai usaha warung kopi, pembuatan kue hingga desain grafis.

"Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, Food and Beverage, dan lifestyle," ujar Louisa.

"Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030," dia menandaskan.

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Banyak Peserta Kartu Prakerja Sudah Bikin Usaha Sendiri, Bidang Apa?

Pendaftaran program Kartu Prakerja telah memasuki gelombang 5. Proses pendaftaran akan terus berlangsung hingga masa penutupan pada Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 12.00 WIB.

Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja menilai, program pelatihan kerja semi bantuan sosial (bansos) yang mereka jalankan telah menuai sejumlah hasil. Beberapa penerima manfaat bahkan disebutkan sudah bisa memulai usahanya sendiri.

"Menurut hasil tracking survey kepada 240 ribu penerima Kartu Prakerja, ada banyak penerima yang telah memulai usaha sendiri dan berwirausaha dengan memanfaatkan pelatihan yang mereka ambil lewat Kartu Prakerja," kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu, dikutip Jumat (21/8/2020).

Merujuk pada hasil survey, Louisa mengatakan, jenis usaha yang dijalankan para penerimanya terdiri dari bermacam bidang. Seperti memulai usaha warung kopi, pembuatan kue hingga desain grafis.

"Hal ini sejalan dengan tingginya minat penerima Kartu Prakerja terhadap pelatihan kategori penjualan dan pemasaran, Food and Beverage, dan lifestyle," ujar dia.

"Kartu Prakerja ikut mendukung pemulihan ekonomi nasional sekaligus pencapaian target pemerintah 4 persen penduduk Indonesia berwirausaha pada tahun 2030," dia menambahkan.

Di lain sisi, minat masyarakat akan keberadaan program Kartu Prakerja pun terus meninggi. Louisa melaporkan, jumlah pendaftar pada gelombang V yang akan ditutup lusa kini terus bertambah.

"Hingga saat ini jumlah pendaftar sudah mendekati 1,3 juta orang dari seluruh Indonesia," tukas Louisa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.
    Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja & kewirausahaan berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja.

    Prakerja

Video Terkini