Sukses

Kekayaan Tembus Rp 2.903 T, Jeff Bezos Pecahkan Rekor Daftar Orang Terkaya Forbes

Kekayaan pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos mengukir sejarah dengan jumlah kekayaan Bezos menembus USD 197,8 miliar atau setara Rp 2.903 triliun.

Liputan6.com, Jakarta - Selasa lalu, kekayaan pendiri dan CEO Amazon Jeff Bezos mengukir sejarah. Di mana, jumlah kekayaan Bezos menembus USD 197,8 miliar atau setara Rp 2.903 triliun. Angka ini menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah daftar orang terkaya Forbes dalam 40 tahun terakhir.

Dilansir dari Forbes, Rabu (19/8), kinerja saham Amazon di daftar S&P 500 menjadi yang terbaik pada Selasa lalu. Saham Amazon naik 4,1 persen menjadikan nilai pasarnya menjadi USD 1,66 triliun. Hasilnya, Bezos yang memiliki 11,1 persen saham Amazon meraup keuntungan USD 7,2 miliar.

Kenaikan kekayaan Jeff Bezos ini menjadikan jarak dengan Bill Gates, yang menempati peringkat kedua, semakin jauh. Perbedaan kekayaan keduanya kini menjadi USD 83,8 miliar. Angka ini hampir setara dengan jumlah kekayaan Elon Musk, yang berada di peringkat kelima, di mana kekayaannya mencapai USD 85,6 miliar.

Bezos terpantau beberapa kali melakukan penjualan saham miliknya. Di Februari, dia menjual saham senilai USD 1,7 miliar. Di Agustus, Bezos kembali melepas saham senilai USD 3,1 miliar. Di Agustus juga, Bezos mengamalkan 2.941 sahamnya di Amazon atau senilai USD 9,3 miliar untuk lembaga amal.

Mantan istrinya, MacKenzie Scott, yang menerima sepertiga kepemilikannya di Amazon juga kecipratan cuan atas kenaikan nilai saham. Wanita terkaya nomor tiga di dunia ini mencatatkan jumlah kekayaan mencapai USD 62,7 miliar atau setara Rp 920 triliun, Selasa lalu. Sama seperti Jeff Bezos, MacKenzie di Juli lalu juga mengamalkan sekitar USD 1,7 miliar untuk 116 lembaga amal di Amerika Serikat.

Reporter : Harwanto Bimo Pratomo

Sumber: Merdeka.com

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

CEO Apple Tim Cook Resmi Jadi Miliarder, Kejar Jeff Bezos dkk

Baru-baru ini, Bloomberg Billionaires Index mengungkap laporan tentang nilai kekayaan bersih CEO Apple Tim Cook.

Dikutip dari laporan Bloomberg, Selasa (11/8/2020), Cook kini memiliki kekayaan bersih bernilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 14,60 triliun.

Perhitungan ini berdasarkan analisis pengajuan peraturan dan penerapan kinerja pasar dari investor dan hasil dari penjualan sahamnya.

Tim Cook resmi menggantikan posisi Steve Jobs selaku CEO sejak Agustus 2011 dan memimpin Apple hingga menjadi salah satu perusahaan paling berharga di dunia.

Pencapaian ini cukup langka terjadi di dalam dunia bisnis, mengingat Cook sendiri bukan founder atau co-founder Apple yang meraih titel milioner.

Pada 2019, Tim Cook menempati peringkat kedua dalam daftar kepala eksekutif Amerika Serikat dengan bayaran tertinggi, di belakang Elon Musk selaku CEO Tesla.

3 dari 3 halaman

Kejar Jeff Bezos, Bill Gates dkk

Lebih lanjut, kekayaan bersih yang dimiliki Tim Cook ini masih jauh dibandingkan dengan petinggi perusahaan teknologi lainnya, seperti Jeff Bezos hingga Elon Musk.

Berdasarkan laporan Bloomberg Billionaires, posisi pertama di dalam daftar tersebut masih ditempati oleh CEO Amazon, Jeff Bezos, dengan kekayaan senilai USD 187 miliar.

Posisi berikutnya diikuti oleh CEO Microsoft, Bill Gates (USD 121 miliar); dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg (USD 102 miliar).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.