Sukses

Dukung UMKM dan Produk Lokal, Menteri Teten Masduki Kenakan Pakaian dari Bluesville

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengenakan produk lokal Bluesville dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung UMKM lokal

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan perayaan HUT RI ke-75 yang mengusung tema “Indonesia Maju“ selama bulan Agustus, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI mempersembahkan Nusantara Fashion Festival (NUFF) 2020 selama Agustus 2020 ini. 

Acara tersebut merupakan sebuah perhelatan mode virtual terbesar pertama di Indonesia,  berkolaborasi dengan lebih dari 300 UMKM serta pegiat industri mode. NUFF 2020 yang berlangsung dari 1-31 Agustus 2020 ini, menghadirkan karya 75 karya perancang, label dan UMKM mode dalam Virtual Fashion Show. 

Lebih dari 50 pembicara dalam Fashion Talks dan produk kolaborasi spesial desainer dengan brand lokal yang akan dihadirkan dalam Charity Auction. Salah satu pembicara yang hadir adalah Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki.

Dalam sebuah video di Instagram NUFF 2020, Teten Masduki mengenakan produk lokal Bluesville dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mendukung UMKM lokal dengan makin sering membeli dan menggunakan produk lokal. Hal ini sejalan dengan kampanye pemerintah mengajak masyarakat Bangga Buatan Indonesia.

Secara khusus, Teten Masduki memuji produk lokal yang berkualitas dan menembus pasar internasional.

"Sederhana dan tak lekang oleh waktu itulah yang saya sukai dari desain Blueville. Walau teknik pembuatan garmen masih tradisional, namun Bluesville sudah berhasil membawa rancangannya ke dunia internasional," ungkap Teten.

 
 
 
View this post on Instagram

A post shared by Nusantara Fashion Festival (@nuff.id) on

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesial Gala Show Pukul 19.00 WIB

Produk ini juga nyaman untuk dikenakan sehari-hari. "Tidak usah ragu untuk memakai produk buatan lokal. Support hail UMKM fesyen lokal dengan membeli dan menggunakan barang lokal. BANGGA BUATAN INDONESIA," ujarnya.

Dalam NUFF 2020, Menteri Teten Masduki menjadi pembicara pada sesi Fashion Talks "Elevating Indonesian SME to Global Standard" bersama Arto Biantoro, Brand Practitioner & Host Brand Adventure. Menteri Teten berbagi tips-tips UKM Indonesia bisa berkembang dan berkompetisi di pasar internasional. 

Spesial dari NUFF 2020 adalah Virtual Fashion Show dan Virtual Gala Show pada 16 dan 17 Agustus 2020, mempresentasikan karya dari 75 desainer dan label mode dalam rangka merayakan HUT Republik Indonesia ke-75. Acara Fashion Show digelar pada pukul 19.00--20.00 WIB. Beberapa desainer ternama menghadirkan rancangan busana fashion ke atas panggung.

Didiet Maulana | Ghea Fashion Studio | Edward Hutabarat | Sejauh Mata memandang | Bin House | Auguste + Iwan Tirta | Priyo Oktaviano | Hian Tjen | Mel Ahyar | Heaven Tanudireja | Tex Saverio | Adrian Gan | Didi Budiardjo | Eddy Betty | Sebastian Gunawan | Rinaldy A yunardi.

NUFF 2020 juga akan menggelar Charity Auction melelang produk mode hasil kolaborasi spesial antara seniman dan label dalam negeri. Hasil lelang akan diberikan pada pelaku industri mode Indonesia yang membutuhkan dan terdampak pandem.

Berbagai produk UMKM terbaik yang terlibat dalam rangkaian NUFF 2020 juga akan bisa didapatkan di Tokopedia dan Bukalapak sebagai official e-commerce partners NUFF 2020.

“Suatu kebanggaan bagi BRI dapat menghadirkan NUFF 2020 sebagai ruang bagi pelaku industri mode dan kreatif serta UMKM untuk memperlihatkan kualitasnya. Kami harap program ini dapat menjadi langkah awal yang positif bagi pelaku ekonomi kreatif untuk menciptakan peluang dan optimis dalam berkarya serta untuk mempersuasi masyarakat untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” tutur Handayani.

Seluruh rangkaian NUFF 2020 ini dapat disaksikan secara live stream di www.nusantarafashionfestival.com, vidio.com, tayangan asik di aplikasi @bukalapak. Ikutin informasi terbaru di instagram @nuff.id

Menggandeng lebih dari 300 kolaborator dan mengusung konsep virtual, festival ini menghadirkan pengalaman mode yang dikemas secara digital bagi pecinta mode. Mempersembahkan karya kolaborasi lintas profesi dari industri kreatif untuk menampilkan sinematografi serta panggung virtual terbaik untuk pengalaman menyaksikan kreasi mode yang tak terlupakan. Selain itu, gelaran NUFF 2020 bertujuan untuk memperlihatkan talenta dan karya pegiat mode serta kualitas produk UMKM Indonesia. 

Ayo ikut tunjukkan semangatmu dengan memakai pakaian #LokalTiapHari dan saksikan terus #NUFF2020 sepanjang bulan Agustus. #BanggaBuatanIndonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.