Sukses

Bank Mandiri Ajak Milenial Adu Inovasi Bisnis di WMM 2020, Simak Cara Ikutnya

Bank Mandiri membuka ruang bagi para calon wirausaha muda untuk mengadu inovasi di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi.

Liputan6.com, Jakarta - Bank Mandiri menyadari jika pandemi Covid-19 telah berdampak langsung terhadap peningkatan angka pengangguran di Indonesia. Sehingga program Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2020 kini menambahkan satu kategori baru, yakni busines plan.

Head of CSR Center Department Bank Mandiri Diwangkoro Ratam mengatakan, adanya kategori busines plan bertujuan untuk menciptakan sebanyak mungkin calon wirausaha muda baru di Indonesia. Sekaligus membuka ruang bagi kaum milenial yang tertarik untuk mulai berbisnis.

"WMM kategori tahun lalu kalau biasanya diikuti oleh alumni atau mahasiswa. Sekarang adanya kategori busines plan ini, bisa diikuti oleh siapapun yang belum punya bisnis tapi punya sudah punya ide," ujarnya dalam konferensi pers kick-off WMM 2020 secara virtual di Plaza Mandiri, Jakarta, (12/8).

Diwangkoro mengatakan di tengah pandemi ini banyak anak muda yang dihadapkan pada kondisi sulit untuk mulai berbisnis. Antara lain dengan terbatasnya modal yang dimiliki akibat kondisi ekonomi yang kian sulit.

Oleh karena itu, Perseroan membuka ruang bagi para calon wirausaha muda untuk mengadu inovasi di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang di seluruh kategori busines plan ini mencapai Rp 382 juta.

Untuk mendaftar, dapat mengakses website http://www.wirausahamandiri.co.id. Adapun proses pendaftaran dimulai pada 12 Agustus - 26 September 2020.

Dilanjutkan, dengan proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September 2020. Lalu, tahap verifikasi pada tanggal 11 Oktober 2020.

Peserta juga harus melalui penjurian zona pada 21 Oktober 2020, dan penjurian nasional pada 26 - 28 Oktober 2020. Dan tiba di puncak acara yaitu penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Jakarta.

"Jadi, kalau bisa membuka usaha di masa pandemi kita berikan space atau ruang yang luas. Saya rasa itu yang berbeda dari WMM tahun ini," ujarnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wirausaha Muda Mandiri Bakal Ciptakan Pengusaha Baru di Tengah Pandemi

Bank Mandiri berkomitmen untuk melahirkan sebanyak mungkin wirausaha muda baru, terlebih di masa pandemi Covid-19 yang telah berdampak buruk bagi kondisi ekonomi nasional di tahun ini. Salah satu upayanya dengan kembali menggelar ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) di tahun 2020.

Corporate Secretary Bank Mandiri Rully Setiawan menuturkan, berangkat dari keinginan tersebut, pihaknya kembali menyelenggarakan kompetisi wirausaha WMM 2020 untuk menjaring bibit-bibit wirausaha muda dari seluruh kalangan. Ditargetkan WMM kali ini akan diikuti oleh 3.500 peserta dari usia 18 – 35 tahun.

"Ajang kompetisi tahunan ini menjadi wujud konsistensi Bank Mandiri dalam menebar inspirasi berwirausaha kepada generasi muda. Harapannya, generasi muda dapat melihat WMM sebagai sebuah media aktualisasi sekaligus promosi atas inovasi dan kreasi diri sekaligus mendorong kebangkitan ekonomi Indonesia di tengah ketidakpastian global akibat pandemi Covid 19," kata rully dalam konferensi pers kick-off WMM 2020 secara virtual di Plaza Mandiri, Jakarta, (12/8).

Mengusung tema "Berani Muda, Berani Berkarya", kompetisi WMM tahun ini akan mengadu inovasi wirausaha muda di lima kategori, yakni industri, perdagangan dan jasa, boga, kreatif, sosial dan teknologi. Adapun, total hadiah bagi pemenang di tahun ini mencapai Rp 2 Miliar.

Untuk proses pendaftaran dimulai pada 12 Agustus - 26 September 2020. Lalu, proses seleksi akan dilakukan di masing-masing wilayah dengan tahapan awal administrasi pada tanggal 26 September 2020.

3 dari 3 halaman

Masa Verifikasi

Selanjutnya, lanjut Rully, akan dilakukan tahap verifikasi pada tanggal 11 Oktober 2020. Peserta juga akan melalui penjurian zona pada 21 Oktober 2020, dan penjurian nasional pada 26 - 28 Oktober 2020. Sementara itu, puncak acara yaitu penganugerahan WMM Award akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2020 di Jakarta.

Di tingkat nasional, sejumlah profesional muda berprestasi akan tampil sebagai juri. Beberapa diantaranya adalah President Director, PT Bank Mandiri Tbk, Bpk. Royke Tumilaar, Najwa Shihab, Adrian Gunadi dab Juri prominen lainnya.

"Di samping juri yang merupakan public figure, salah satu keistimewaan program WMM adalah kesempatan untuk bergabung dalam komunitas alumni WMM dan tentu saja, kemudahan mengakses produk dan layanan keuangan Bank Mandiri untuk membantu pengembangan usaha," ujar Rully.

Tidak berhenti di situ, perseroan juga berupaya mendorong para pemenang dan finalis untuk melindungi hak kekayaan intelektual terkait bisnis yang digeluti sehingga dapat digunakan secara optimal sebagai aset produktif.

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.