Sukses

Kementerian PUPR Bedah Rumah 146 Hunian di Mempawah

Kementerian PUPR menyalurkan bantuan bedah rumah kepada 146 unit hunian di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyalurkan bantuan perbaikan rumah kepada 146 unit hunian di Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Bantuan itu diberikan melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan I Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Andy Suganda, mengutarakan adanya program BSPS ini diharapkan dapat mengurangi jumlah rumah tidak layak huni (RTLH) di daerah tersebut.

"Pada tahun 2020 ini Kementerian PUPR menyalurkan bantuan perbaikan rumah untuk 146 unit RTLH di Kabupaten Mempawah," ujar Andy dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Pihak BP2P Kalimantan I disebutnya juga melakukan penyerahan buku tabungan program BSPS kepada para calon penerima bantuan. Dalam penyaluran program tersebut, Kementerian PUPR bekerjasama dengan sejumlah bank penyalur dan nantinya bantuan akan diserahkan kepada penerima bantuan berupa bahan material bangunan serta upah tukang.

Andy menerangkan, penyaluran program bedah rumah ini tersebar di dua kecamatan, antara lain Kecamatan Sungai Kunyit sebanyak 54 unit dan Kecamatan Mempawah Hilir sebanyak 92 unit.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Program Sejak 2019

Penyaluran program BSPS juga telah dilaksanakan Ditjen Perumahan pada 2019 lalu. Tercatat pada tahun lalu jumlah unit rumah di Kabupaten Mempawah yang mendapatkan bantuan peningkatan kualitas rumah tidak layak huni sebanyak 390 unit rumah.

"Kami ingin agar nantinya ada percontohan bahwa ada kecamatan yang benar-benar tuntas dari rumah tidak layak huni," ungkapnya. Berdasarkan data yang dimilikinya, masih ada sebanyak 6.619 unit RTLH di Kabupaten Mempawah pada 2020 ini.

Bupati Kabupaten Mempawah Herlina berharap Kementerian PUPR ke depan dapat memberikan lebih banyak bantuan program BSPS di daerahnya. Itu dikarenakan masyarakat yang tinggal di daerah pesisir Kabupaten Mempawah masih banyak tinggal di rumah yang tidak layak huni.

"Lokasi ini merupakan kawasan strategis nasional karena terdapat pelabuhan Internasional Temajo. Jadi kami harap Kementerian PUPR bisa menambah jumlah bantuan program BSPS," pintanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.