Gandeng BPKP Kepulauan Riau, BP Batam Gelar Pelatihan Audit

Oleh Ajang Nurdin pada 11 Agu 2020, 15:40 WIB
Diperbarui 11 Agu 2020, 15:40 WIB
Satuan Pengawas Internal (SPI) Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan Program Kerja Audit yang dilaksanakan pada Selasa (11/8/2020). (Ajang/Liputan6.com)
Perbesar
Satuan Pengawas Internal (SPI) Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan Program Kerja Audit yang dilaksanakan pada Selasa (11/8/2020). (Ajang/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Pengawas Internal (SPI) Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar pelatihan Program Kerja Audit pada Selasa (11/8/2020). Pelatihan ini bertempat di Conference Hall IT Center BP Batam.

Pelatihan ini diikuti sedikitnya 30 orang auditor dan pegawai SPI BP Batam dengan mengikuti prosedur protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Pelatihan dibuka langsung oleh Plt. Kepala SPI BP Batam, Konstantin Siboro, dengan menghadirkan instruktur dari Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Riau sebagai narasumber.

Konstantin mengatakan, BP Batam menggandeng BPKP Provinsi Kepulauan Riau untuk melatih efektivitas pelaporan audit para auditor dan pegawai SPI BP Batam.

“Selama ini mungkin yang dilakukan sudah tepat, namun yang namanya audit pasti selalu berkembang dan dinamis. Teori dan aturan yang baru akan terus bermunculan. Sehingga pengetahuan dari rekan-rekan SPI perlu diperbarui,” kata Konstantin, Selasa (11/8/2020).

Menurutnya SPI BP Batam kini tengah merancang untuk fokus pada peningkatan kapasitas pegawai SPI BP Batam pada semester kedua tahun 2020, melalui beberapa pelatihan khusus mengenai pengadaan barang dan jasa.

“Pelatihan hari ini kami fokuskan pada dasar-dasar pengauditan. Bagaimana teman-teman SPI pada prosesnya membuat audit program, pelaksanaan, dan penyusunan laporan sesuai data dari lapangan,” jelas Konstantin Siboro.

Ia berharap para pegawai SPI BP Batam mampu mengimplementasikan ilmu yang telah diberikan, sehingga cakap membandingkan realisasi dan anggaran dalam pelaksanaan audit pada unit-unit kerja di BP Batam.

Laporan tersebut nantinya akan digunakan Kepala BP Batam sebagai bahan pertimbangan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi BP Batam.

BP Batam Berikan Bantuan Sembako ke Warga Pulau Buluh

Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Bulang. (Dok BP Batam)
Perbesar
Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, menyerahkan bantuan sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Bulang. (Dok BP Batam)

Sebelumnya, Kepala Badan Pengusahaan Batam (BP Batam), Muhammad Rudi, menyerahkan bantuan paket sembako kepada masyarakat Batam terdampak Covid-19 di wilayah Kecamatan Bulang. Penyerahan tersebut dilakukan di Gedung Yayasan Samudra Bakti, Pulau Buluh.

Sebanyak 1.003 paket didistribusikan kepada 6 kelurahan, yang berisikan beras 10 kilogram, mi instan 10 bungkus, minyak goreng 2 liter, krimer kental manis 2 kaleng, ikan dalam kaleng 425 gram, teh celup, sirup, dan biskuit.

 

Muhammad Rudi mengatakan, bantuan dari BP Batam ini merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ke depannya pengembangan yang direncanakan BP Batam semakin meluas dan jangkauannya lebih besar. Sehingga masyarakat Batam, khususnya Pulau Buluh, semakin sejahtera dan seluruh kepala daerahnya mampu membantu warganya,” ujar Muhammad Rudi, seperti ditulis Jumat (7/8/2020).

Muhammad Rudi juga mengapresiasi masyarakat Kelurahan Pulau Buluh yang tetap menjaga status zona hijau atas pandemi Covid-19.

“Bersama-sama polsek, Babinsa dan Kepala Puskesmas Pulau Buluh, mari kita jaga kesehatan dan kebersamaan kita. Bila ada yang terindikasi gejala Covid-19 langsung dilaporkan agar dapat langsung ditangani dan menghentikan penyebaran virus tersebut,” Kata Muhammad Rudi.

Kepala BP Batam berharap bantuan sembako ini dapat bermanfaat bagi warga terdampak Covid-19 Kecamatan Bulang.

Lanjutkan Membaca ↓