Sukses

Minimalis, Kunci Keberhasilan dalam Presentasi

Kunci kesuksesan presentasi itu terletak pada aspek minimalis dalam mempersiapkan segala hal. Ini penjelasannya.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan presentasi ke audiens bagi sebagian orang menjadi momok menakutkan dan terkadang menciptakan rasa gugup yang terbentuk di awal sehingga memengaruhi persiapan dan malah terkadang membuat kita jadi bersikap terlalu berlebihan dalam mempersiapkan segala sesuatu, alih-alih menarik perhatian audiens presentasi malah tak berjalan dengan maksimal.

Bila disadari sesungguhnya kunci kesuksesan presentasi itu terletak pada aspek minimalis dalam mempersiapkan segala hal.

Persiapan diri  

Berlatih presentasi agar mengurangi rasa gugup itu penting tapi juga jangan sampai berlebihan. Set waktu latihan dan berikan jeda hari agar pikiran rileks sesaat sebelum melakukan presentasi. Jangan memaksakan diri berlatih hingga larut malam sehari sebelum hari H. Dikhawatirkan rasa kantuk akan mengganggu jalannya presentasi.

Hindari terlalu banyak teks

Kesalahan utama dari pembuatan slide presentasi ialah bernafsu menuangkan semua penjelasan di dalam slide dalam bentuk teks. Pasalnya hal tersebut justriu membuat audiens lebih berfokus pada layar monitor daripada apa yang Anda ucapkan, Cukup gunakan poin dan beberapa kata kunci dengan begitu akan lebih menggugah rasa penasaran audiens dan menarik fokus mereka.

Hindari grafis berlebihan

Slide yang terlalu banyak desain dengan pemilihan warna mencolok amat tidak disarankan apalagi ditambah teks yang berlebihan. Gunakan warna minimalis disarankan maksimal mengggunakan tiga warna saja dan selalu pilih latar belakang berwarna netral, pilih font sederhana, dan eliminasi elemen grafik tak penting.

Persiapan presentasi

Umumnya presentasi menggunakan laptop yang dihbungkan ke layar TV maupun projector, sayangnya seringkali terjadi masalah kompatibilitas kabel antara laptop dengan kedua perangkat tersebut. Anda mungkin pernah merasakan sendiri bagaimana waktu persiapan presentasi yang “ngaret” hanya karena urusan perkabelan.

Membawa laptop yang berat dengan kabel-kabelnya juga sering menjadi keluhan yang tak praktis. Padahal bila jeli Anda bisa memaksimalkan waktu presentasi dengan perangkat canggih namun tetap minimalis seperti halnya bila Anda menggunakan Samsung Galaxy Note20 Ultra sebagai teman produktif.

Untuk menampilkan slide presentasi cukup aktifkan fitur Wireless Samsung DeX untuk mengoneksikan via Wi-Fi ke Smart TV, otomatis slide presentasi Anda langsung tersaji sempurna di layar lebih besar, dengan hal itu saja Anda telah membuat  audiens terkesan bahkan sebelum memulai presentasi sekalipun. 

Saat memulai presentasi fokuskan diri pada pembahasan dan biarkan S Pen di tangan Anda menjadi asisten pribadi untuk membantu menjelajahi file dan bertugas memindahkan slide maupun berpindah menu. Cukup gerakkan S Pen ke kiri, kanan, atas, atau bawah untuk mengoperasikan kamera atau gerakkan melingkar searah jarum jam atau berlawanan untuk melakukan Adjustable Zoom Speed. S Pen juga mendukung sejumlah perintah dasar seperti navigasi ke halaman muka (home), kembali (back), membuka Recent App, membuat Screen Capture dan membuka Smart Select.  S Pen generasi terbaru ini memiliki jangkauan hingga sepuluh meter dengan diameter ujung pena 0,7 mm dan sertifikasi IP68 yang membuatnya tahan debu dan air.

Selesai presentasi jadilah presenter yang sigap terhadap kebutuhan audien untuk meminta file atau kelengkapan data. Dengan mengaktifkan fitur Link to Windows Anda dapat dengan mudah terhubung dengan laptop audiens yang berbasis sistem operasi Windows tanpa perlu mengeluarkan smartphone dari saku. Anda bisa dengan mudah mengelola bermacam file maupun membuka aplikasi yang telah terinstall di Samsung Galaxy Note20 maupun Samsung Galaxy Note20 Ultra. Mengolah dan berbagi file pun semudah drag & drop saja.

Mencatat kritik dan saran dari audiens juga bisa dilakukan dengan mudah, tinggal pilih mau mengetik atau tulis tangan dengan teknologi S Pen yang telah diperbaharui yang membuat sensasi menulis di atas layar tak ada bedanya dengan menulis di atas kertas dikarenakan tingkat latensi rendah, hanya 9 milisecond.

Ingin menyempurnakan aksi presentasi Anda? Kabar baiknya Samsung memberikan penawaran khusus bagi Anda yang tak sabar ingin segera mencicipi kecanggihan teknologi tersebut dengan membuka Pre Order Samsung Galaxy Note20 dan Samsung Galaxy Note20 Ultra yang dimulai tanggal 6-19 Agustus 2020.

Setiap pembelian Galaxy Note20 selama periode tersebut Anda akan mendapatkan e-voucher Galaxy Buds+ senilai Rp 2,399,000 dan tiap pembelian Galaxy Note20 Ultra akan mendapatkan e-voucher Galaxy Buds Live senilai Rp 2,599,000. Tunggu apalagi! Ciptakan aktivitas produktif berkesan dengan gawai powerfull di tangan Anda.

Keterangan lebih detail, kunjungi www.galaxylaunchpack.com.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini