Sudah Saatnya Transaksi Non Tunai Menjadi Gaya Hidup Saat Ini

Oleh Reza pada 08 Agu 2020, 15:27 WIB
Diperbarui 08 Agu 2020, 15:27 WIB
Cashless
Perbesar
Cashless (sumber: unsplash)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah melalui Bank Indonesia mengimbau masyarakat agar beralih ke transaksi non tunai selama masa pandemi. Hal itu bertujuan agar masyarakat mengurangi kontak fisik dan bisa mencegah penularan Covid-19.                    

Selain demi kesehatan, transaksi non tunai seharusnya sudah menjadi gaya hidup. Apalagi kini segala macam pembayaran menggunakan metode non tunai. Mulai dari belanja, beli makanan, sampai pembayaran moda transportasi.

Nah, bagi kamu yang belum menerapkan contactless payment, sudah saatnya beralih ke transaksi non tunai. Lagi pula banyak untungnya jika kamu terapkan hal tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut keuntungan transaksi non tunai.

Praktis dan efisien

Selain bisa mencegah penularan Covid-19, transaksi non tunai lebih praktis dan efisien. Sebagai pembeli, kamu tak perlu repot-repot menyiapkan uang tunai untuk bertransaksi. Belum lagi jika uang tidak cukup atau lupa mengambil uang di ATM. Dengan non tunai, kamu cukup scan QR Code, konfirmasi dan pembayaran pun selesai.

Keamanan terjamin

Keuntungan lain yang didapat ialah keamanan lebih terjamin. Bayangkan, jika kamu membawa uang tunai dengan jumlah banyak, tentu bakal merepotkan. Apalagi dengan membawa uang tunai yang banyak lebih khawatir dan mampu mengundang perhatian pelaku kriminal, pencopet misalnya.

Maka dari itu, alangkah baiknya kamu menggunakan segala pembayaran dengan transaksi non tunai. Lebih aman, karena membutuhkan kode akses untuk setiap transaksi. Hal itu hanya dimiliki oleh kamu. Terlebih, kamu tak perlu khawatir membawa uang berjumlah besar. Intinya, bisa meminimalisir kejahatan.

 

2 dari 2 halaman

Pengeluaran lebih terkontrol

Dengan menggunakan transaksi non tunai, kamu bisa melihat riwayat segala macam transaksi yang pernah dilakukan. Mulai dari belanja kebutuhan, belanja online, bayar listrik sampai beli pulsa semua terekam di riwayat tersebut.

Jadi dengan begitu, kamu bisa mengetahui nominal yang jelas untuk segala pengeluaran kamu di mana, kapan dan untuk keperluan apa.

Banyak promo

Selain keuntungan di atas, transaksi non tunai kerap memberikan promo dan diskon menarik. Ditambah lagi, ada voucher-voucher yang bisa kamu gunakan supaya makin hemat. 

Tak tanggung-tanggung kamu bisa saja dapat diskon sampai 50% atau cashback untuk pembelian barang tertentu. Dengan begitu, kamu bisa jadi lebih hemat kan?

Nah salah satu pembayaran non tunai favorit adalah Dompet Digital DANA. Kamu bisa membayar keperluanmu melalui aplikasi tersebut. Mulai dari bayar listrik, isi pulsa, bayar tagihan BPJS, internet, beli kopi, makanan, beli obat sampai membayar belanjaan di pasar swalayan.

Jadi, bertransaksi dengan DANA pastinya sangatlah mudah dan minim kontak. Kamu tinggal scan DANA QRIS atau QRIS yang tersedia di merchant favoritmu. Kamu juga bisa menyimpan kartu bankmu dan bertransaksi langsung menggunakan kartu tersebut ketika Saldo DANA kamu tidak cukup. Sehingga, kamu tidak perlu menyentuh mesin pembayaran atau pun memindah tangankan kartu bankmu. 

Yuk, #BikinJadiBiasa bertransaksi dengan minimalisir berkontak pakai DANA.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓