Percepat Ekonomi Pulih, Pemerintah Kebut Bangun Creative Hub di 5 Destinasi Prioritas

Oleh Liputan6.com pada 07 Agu 2020, 19:30 WIB
Diperbarui 07 Agu 2020, 19:30 WIB
Danau Toba
Perbesar
Foto udara yang diambil 4 April 2019 ini menunjukkan Danau Toba dari kawasan Sigapitan, Sumatera Utara. Danau terbesar di Asia Tenggara yang dikelilingi tujuh kabupaten di Sumatera Utara tersebut luasnya hampir dua kali ukuran Negara Singapura. (GOH CHAI HIN / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) terus mendorong peran industri kreatif terhadap pemulihan sektor pariwisata domestik yang terpukul berat akibat pandemi Covid-19.

Salah satunya dengan mempercepat pembangunan Creative Hub di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas di tengah pandemi ini.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf, Hari Santosa Sungkari, mengatakan pembangunan Creative Hub di 5 Destinasi Super Prioritas terus berproses.

Seperti di Creative Hub Labuan Bajo, sampai saat ini pengerjaan masih pada pembuatan desain interior bangunan. Adapun progres desain saat ini telah mencapai 60 persen.

"Kita pastikan Creative Hub di Labuan Bajo terus berproses. Untuk target tahun ini lebih ke serah terima hasil pekerjaan interior. Artinya tahun depan baru kita bangun," jelas dia dalam sebuah webinar via Zoom, Jumat (7/8) .

Kedua, Creative Hub Semarang progress tahun ini masih dalam tahap pengusulan 2 lokasi untuk dibangun Galeri Industri Kreatif (GIK) sebagai ruang pembentukan ide dan Gedung Oudetrap sebagi ruang ekspresi. Adapun target tahun ini serah terima hasil pekerjaan interior.

2 dari 3 halaman

Penentuan Lokasi

Danau Toba
Perbesar
Gambar pada 3 April 2019 menunjukkan sebuah kapal wisata tiba di Pulau Samosir, pulau vulkanik di tengah Danau Toba, provinsi Sumatera Utara, 3 April 2019. Di kalangan masyarakat Batak sendiri, Danau Toba ibaratnya inang atau ibu yang akan selalu menanti dengan keindahannya. (GOH CHAI HIN / AFP)

Ketiga, Creative Hub Samosir untuk progres saat ini juga masih dalam tahap penentuan lokasi pembangunan. Usulan lokasi pertama di Sigulatti, yang termasuk dalam komplek geopark dan kedua di Pangururan yang bersebelahan dengan lokasi cafe dan basecamp Samosir Coffee Sinergi.

"Adapun target tahun ini lebih ke penyiapan dokumen siap tender. Sedangkan untuk 2021 kami harapkan bisa serah terima pekerjaan," jelasnya.

Keempat, Creative Hub Mandalika di mana progres tahun ini ialah infrastruktur sudah memadai, mencakup listrik, air, masjid, dan akses jalan provinsi. Serupa dengan Creative Hub Samosir, target tahun ini lebih ke penyiapan dokumen siap tender. Sedangkan untuk 2021 ialah serah terima pekerjaan.

Namun, untuk Creative Likupang dipastikan masih belum berprogres. Mengingat masih dalam tahap pengkajian ulang lokasi pembangunan saat ini. "Untuk Likupang akan kita umumkan nanti updatenya," imbuh dia.

Reporter : Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓