Sukses

Wilayah Terpencil di Jayapura dan Gorontalo Kini Nikmati Listrik 24 Jam

Peningkatan layanan listrik bisa terealisasi setelah PLN berhasil menyambungkan sistem kelistrikan isolated Demta.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN (Persero) meningkatkan layanan listrik bagi desa-desa terpencil. Salah satunya di Distrik Demta dan Kampung Kamdera, Kabupaten Jayapura yang telah menikmati listrik 24 jam.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat, Abdul Farid mengatakan, 522 pelanggan di Distrik Demta dan Kampung Kamdera, Kabupaten Jayapura kini dapat menikmati layanan listrik PLN sehari penuh atau 24 jam.

Peningkatan layanan listrik bisa terealisasi setelah PLN berhasil menyambungkan sistem kelistrikan isolated Demta dengan dengan sistem kelistrikan Genyem yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Orya Genyem.

“Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan layanan listrik kepada masyarakat, terutama dengan mendorong penggunaan energi baru terbarukan guna menghadirkan energi yang ramah lingkungan,” kata Abdul, di Jakarta, Jumat (7/8/2020).

PLN telah menghubungkan sistem kelistrikan yang sebelumnya jaringan terbatas atau tersisolated PLTD Demta dan PLTD Kamdera dengan sistem kelistrikan Genyem, sistem tersebut kini dipasok langsung dari PLTA Orya Genyem berkapasitas 2x10 MW.

Untuk menghubungkan sistem tersebut, PLN membangun Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 27.12 Kilometer sirkit (kms) dan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 6.15 kms dengan nilai investasi mencapai Rp 5,5 miliar.

Sebelumnya pasokan listrik di Distrik Demta berasal dari PLTD dengan kapasitas 250 kW dan 100 kW, sementara listrik di Kampung Kamdera menggunakan PLTD berkapasitas 2x20 kW.

Menurutnya, pasokan listrik selama satu hari penuh sangat membantu masyarakat dalam menjalankan segala aktivitasnya.

 ** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berdampak Positif

PLN berharap meningkatnya jam nyala listrik di Distrik dan Kampung tersebut dapat berdampak positif pada kesejahteraan masyarakat setempat.

“Listrik ini harus dimanfaatkan untuk mendorong produktifitas masyarakat, sehingga akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat,” imbuh Farid.

Selain di Papua, PLN juga berhasil meningkatkan waktu layanan listrik dari sebelumnya 12 jam menjadi 24 jam bagi warga di Kecamatan Liang Kabupaten Banggai Kepulauan, Provinsi Sulawesi Tengah.

Pengoperasian selama 24 jam ini dilakukan setelah sebelumnnya PLN berhasil menghubungkan sistem kelistrikan Liang dengan sistem kelistrikan Salakan dengan membangun JTM 5 kms dan juga menambahkan mesin PLTD berkapasitas 1 megawatt (MW) di Salakan.

Peningkatan layanan listrik merupakan wujud komitmen PLN untuk terus menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Listrik adalah daya atau kekuatan yang dapat digunakan untuk menghasilkan panas, cahaya, atau untuk menjalankan suatu mesin.

    Listrik

  • PLN merupakan perusahaan listrik milik negara.

    PLN