Sukses

Berubah, Simak Tarif Terbaru Tol Balmera yang Berlaku Mulai 13 Agustus 2020

Tarif jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) akan mulai disesuaikan pada 13 Agustus 2020

Liputan6.com, Jakarta - Tarif jalan tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) akan mulai disesuaikan pada 13 Agustus 2020.

Adapun besaran tarif terjauh pada ruas jalan tol Belmera per 13 Agustus 2020, pukul 00.00 WIB sebagai berikut;Golongan I Rp 8.500, naik dari tarif sebelumnya Rp 8.000. Golongan II  Rp 15 ribu, naik dari Rp 13 ribu.

Kemudian untuk golongan III menjadi Rp 15 ribu, golongan IV Rp 21.500, dan golongan V Rp 21.500.

“Penyesuaian tarif tol kali ini tidak seluruh tarif mengalami kenaikan. Tarif golongan I dari seluruh asal tujuan gerbang mayoritas mengalami tarif tetap. JIka ada yang naik hanya berkisar Rp 500,” papar General Manager (GM) Tol Belmera, Rudy Pardede dalam video konferensi, Kamis (6/8/2020).

Rudy menambahkan, untuk tarif jalan tol golongan II dan IV mayoritas memang mengalami kenaikan. Namun untuk golongan III dna V justru mengalami penurunan. “Sehingga tidak terlalu mempengaruhi biaya logistik” kata dia.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jasa Marga

Dalam waktu dekat, akan dilakukan penyesuaian tarif di Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera).

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 1246/KPTS/M/2020 tanggal 29 Juli 2020 tentang Penyesuaian Tarif Pada Ruas Jalan Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa.

⁣⁣“Penyesuaian tarif dilaksanakan untuk menjaga keseimbangan investasi Badan Usaha Jalan Tol dan pengelolaan jalan tol ke depannya,” tulis Jasa Marga melalui laman Instargram, Rabu (5/8/2020).

⁣Sebagai informasi, saat ini sedang dilakukan peningkatan kapasitas transaksi dengan penambahan gardu di gerbang tol Amplas. Untuk arah Belawan, penambahan kapasitas mencapai lebih dari 100 persen dari sebelumnya hanya memiliki 3 gardu, menjadi 8 gardu.

Sedangkan untuk arah Amplas, peningkatan mencapai 60 persen dari sebelumnya 5 gardu menjadi 8 gardu.⁣⁣

“Penambahan kapasitas transaksi ini diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan Kawan JM saat bertransaksi di GT Amplas,” tulis Jasa Marga. ⁣⁣

Tol Balmera ini menghubungkan setidaknya 3 lokasi strategis. Pertama, Pelabuhan Belawan (Exit GT Belawan)⁣. Pelabuhan Belawan adalah pelabuhan yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara, Indonesia dan merupakan pelabuhan terpenting di⁣⁣ Pulau Sumatera.

Pelabuhan Belawan merupakan pelabuhan dengan tingkat kelas utama yang bernaung di bawah PT Pelabuhan⁣⁣ Indonesia I.⁣⁣⁣⁣Kedua, Kawasan Industri Medan (Exit GT Mabar)⁣.

Yakni sebuah kawasan industri yang terletak di Kelurahan Mabar, Medan Deli, Medan, Indonesia dan Sebagian di Desa Saentis, Percut Sei Tuan, Deli Serdang.

KIM yang mempunyai luas total sebesar 514 hektar dikelola oleh PT Kawasan Industri⁣⁣ Medan, sebuah BUMN.⁣⁣⁣⁣Selanjutnya Kota Medan (Exit GT Tanjung Mulia)⁣.

Kota Medan adalah ibu kota Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia lho setelah Jakarta dan⁣⁣ Surabaya, serta kota terbesar di luar Pulau Jawa.⁣⁣⁣⁣

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.