Sukses

WHO Sebut Pandemi Masih Berlangsung Lama, Jadi Kontrol Keuangan Anda

Berikut 4 tips bagi Anda yang tidak bisa mengontrol anggaran selama masa pandemi Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Mengontrol keuangan bukanlah tugas yang mudah bagi setiap orang. Hal tersebut semakin sulit untuk dilakukan akibat pandemi Covid-19.

Padahal, WHO memeringatkan besar kemungkinan pandemi COVID-19 di seluruh dunia akan berlangsung lama. Organisasi ini pun memeringatkan akan adanya risiko yang terjadi karena tekanan sosial-ekonomi di tiap-tiap negara.

Pandemi mendorong masyarakat dianjurkan untuk bekerja dari rumah saja (Work From Home/WFH). Demikian pula untuk kegiatan lain seperti berbelanja dari rumah.

Namun secara tidak sadar kegiatan berbelanja dari rumah ini justru dapat mengeluarkan uang lebih dari budget yang ditentukan.

Dikutip dari nytime.com, Rabu (6/8/2020), berikut 4 tips bagi Anda yang tidak bisa mengontrol anggaran selama masa pandemi Covid-19

1. Batalkan tagihan barang yang tidak perlu

Triknya dengan cara menghilangkan sesuatu yang Anda tidak perlukan. Untuk mengetahuinya, coba lacak melalui kartu kredit dan laporan bank. Anda dapat menemukan tagihan yang dinilai tidak dibutuhkan dan langsung batalkan. 

2. Tetapkan biaya pengeluaran per bulan

Trik sederhananya dengan menyusun kembali anggaran yang harus dikeluarkan. Jika perlu pakai aplikasi. Ada satu aplikasi yang dapat membantu menyusun pengeluaran Anda yaitu Simplifi.

Aplikasi tersebut akan membantu untuk memperkirakan pemasukkan dalam sebulan dan mengurangi pengeluaran yang diperlukan dalam sebulan.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat dana darurat

Jika Anda tidak dapat menabung untuk dana darurat, cobalah simpan persentase dari gaji dalam tabungan untuk membantu meredakan lonjakan dan penurunan pendapatan setiap tahun.

4. Simpan uang yang tidak dibelanjakan

Dengan banyak agenda yang pasti membutuhkan biaya yang dibatalkan akibat pandemi Covid-19, maka Anda dapat menyimpan uang tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat menabung lebih sedikit dan mengeluarkan uang lebih sedikit dari sebelum adanya pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.