Sukses

Rayakan Idul Adha, Kementan Sembelih 17 Hewan Kurban

Pelaksanaan ibadah qurban kali ini bertujuan memenuhi dua dimensi yang harus diraih oleh seorang muslim.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam merayakan Idul Adha 1441 Hijriyah, Kementerian Pertanian turut melalukan penyembelihan hewan kurban di Masjid Nurul Iman yang berlokasi di sekitar lingkungan kementerian. Sebanyak 17 hewan kurban pun disiapkan, terdiri dari terdiri dari 12 ekor sapi dan 5 ekor kambing.

Kepala Biro Umum dan Pengadaan, Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian, Maman Suherman juga turut menyerahkan hewan Qurban secara simbolis kepada Panitia Qurban Mesjid Nurul Iman Kementan.

Selain itu, hewan kurban juga berasal dari karyawan, pejabat Kementan dan mustahiq lainnya ini. Adapun hewan qurban milik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yaitu jenis silangan Belgian Blue berumur di atas 2 tahun seberat 910 kg.

"Inilah adalah momen umat muslim, untuk berkorban dari apa yang dimiliki sebagai bentuk persembahan ketaqwaan kepada Allah, seperti sudah dicontohkan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," ungkap Maman di Jakarta, Senin (3/8).

Maman mengatakan, pelaksanaan ibadah qurban kali ini bertujuan memenuhi dua dimensi yang harus diraih oleh seorang muslim. Terdiri dari dimensi vertikal kepada sang pencipta Allah SWT, dan dimensi horisontal kepada sesama mahluk ciptaanNya.

"Ibadah qurban kita ini memiliki nilai ritual dan sosial sekaligus, berdimensi hablun minallah wa hablun minannas, terhadap pencipta dan juga sesama," imbuhnya.

Sementara untuk penyaluran daging kurban di hari raya Idul Adha kali ini, Masjid Nurul Iman akan menyalurkan daging qurban kepada masyarakat yang berada di sekitar kantor kementerian. Juga kepada para petugas Tenaga Harian Lepas lingkup Kementan.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sembelih 44 Hewan Kurban, Ini Pesan Sri Mulyani ke Pegawai Kemenkeu

Masih dalam suasana Idul Adha 1441 Hijriyah, hari ini Kementerian Keuangan melakukan penyembelihan 44 hewan kurban. Acara ini dilangsungkan di Yayasan Panti Asuhan Yatim Daarul Rahman, Jakarta Selatan.

“Pada tahun ini kita 25 ekor sapi dan 19 ekor kambing,” kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam sambutannya melalui video konferensi, Senin (3/8/2020).

“Ini adalah pengumpulan yang berasal dari unit eselon I di Kementerian Keuangan. Juga para direksi BUMN dan BLU yang berada di lingkungan Kementerian Keuangan,” sambung Sri Mulyani.

Menkeu Sri Mulyani berharap, melalui pemberian kurban ini dapat menjadi bagian pembersihan dari harta yang dimiliki oleh para penyumbangnya. Selanjutnya hewan kurban tadi akan disampaikan kepada mustahik yang ada di Kementerian Keuangan.

“Terima kasih telah diatur agar manfaat dari hewan kurban dapat diberikan. Terutama kepada mereka yang dalam keadaan ekonomi lebih sulit dibandingkan pejabat di lingkungan Kementerian Keuangan,” tutur Sri Mulyani. 

3 dari 3 halaman

Doa Sri Mulyani

Tak lupa, Menkeu menyematkan doa bagi yang telah menyumbangkan hewan kurban. “Semoga Allah yang Rahman dan Rohim memberikan balasan kepada bapak ibu sekalian yang telah ikut menyumbangkan hewan kurban untuk kita sumbangakna kepada para mustahik di linkunagn Kementerian Keuangan,” panjat dia.

Mengambil tema ‘Kementerian Keuangan peduli di masa pandemi’, dinilai Menkeu masih sangat relevan.

“Kita akan terus menggunakan seluruh instrumen kebijakan pemikiran kita dan seluruh mandat yang diberikan oleh Undang-Undang kepada Kementerian Keuangan untuk betul-betul peduli mengatasi dampak covid-19,” ujar Menkeu.

Secara simbolik, lanjut dia, upaya penanganan covid-19 kali ini diberikan dalam bentuk penyumbangan hewan kurban. Namun secara besar, kepedulian Kemenkeu ditunjukkan melalui dedikasinya. Termasuk usaha maksimal dan tak kenal lelah untuk menopang hajat hidup masyarakat, utamanya di tengah pandemi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.