Puncak Arus Balik Libur Panjang Idul Adha Malam Ini, Perhatikan Kondisi BBM

Oleh Liputan6.com pada 02 Agu 2020, 21:20 WIB
Diperbarui 02 Agu 2020, 21:29 WIB
Pemudik Mulai Padati Tol Trans Jawa
Perbesar
Kendaraan pemudik melintasi ruas Tol Semarang-Solo-Kertosono di kawasan Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah, Sabtu (8/6/2019). Kepadatan arus balik Lebaran 2019 mulai terlihat di tol Trans Jawa, tepatnya di Tol Semarang-Solo-Kertosono arah Jakarta. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - PT Jasa Marga (persero) Tbk memprediksi puncak arus balik libur Idul Adha 1441 H terjadi pada Minggu malam hingga Senin dini hari. Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk memaksimalkan persiapan sebelum memulai perjalanan.

Lonjakan arus balik libur Idul Adha 1441 H berpotensi terjadi di Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated. Hal ini karena jalan tol tersebut merupakan akses utama pengguna jalan dari arah Timur, yaitu dari Jalan Tol Trans Jawa dan Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi.

General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan yang saat ini masih berada di luar Jakarta, khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur, untuk dapat memulai perjalanan kembali ke Jakarta lebih awal atau setelah hari Minggu.

"Dikhawatirkan bila bepergian secara bersamaan dan menunda-nunda perjalanan di hari ini, maka Minggu malam akan terjadi kepadatan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek yang bisa mengakibatkan antrean sangat panjang," ujar Widiyatmiko Nursejati di Jakarta, Minggu (2/3/2020).

Demi tercapainya arus lalu lintas (lalin) dan layanan optimal, lanjut Widiyatmiko, Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan agar memaksimalkan persiapan sebelum bepergian kembali ke Jakarta. Persiapan yang dimaksud mencakup memastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima dan kecukupan BBM kendaraan.

"Mengingat ada potensi kepadatan di SPBU di rest area pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek, kami mengimbau pengguna jalan untuk mengisi BBM kendaraannya terlebih dahulu sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek," paparnya.

 

2 dari 2 halaman

Tol Palikanci

Arus Balik di Gerbang Tol Cikampek Masih Lengang
Perbesar
Sejumlah kendaraan roda empat melewati Gerbang Tol Cikampek, Jawa Barat, Kamis (29/6). Pada H+4 Lebaran terlihat volume arus balik pemudik tak mengalami peningkatan hingga siang ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelum memasuki Jalan Tol Jakarta-Cikampek, pengguna jalan dari arah Jalan Tol Trans Jawa menuju Jakarta dapat mengisi BBM di Rest Area Km 208B Jalan Tol Palikanci. Sementara itu, pengguna jalan dari arah Jalan Tol Cipularang-Padaleunyi menuju Jakarta bisa mengisi BBM di Rest Area Km 88 atau Km 72B Jalan Tol Cipularang.

Meski demikian, Jasa Marga bersama pihak-pihak terkait telah menyiapkan sejumlah skenario dalam mengatasi potensi kepadatan lalin di Jalan Tol Jakarta-Cikampek saat arus balik Idul Adha 1441 H yang diprediksi memasuki puncaknya pada Minggu (02/08) malam.

"Pertama adalah kami menjaga layanan dalam kondisi prima dan optimal sesuai kebutuhan gerbang tol. Untuk transaksi, kami akan membuka seluruh gardu di GT Cikampek Utama, " imbuh dia.

Kedua, untuk mengatasi gangguan arus lalin, seperti kendaraan mogok atau pecah ban, kami menyiagakan kendaraan layanan mobile customer service dan derek untuk stand by di titik-titik rawan. Ketiga, perseroan akan mengatur buka-tutup rest area bila diperlukan akibat membludaknya kendaraan yang ingin memasuki rest area sehingga mengganggu arus lalin di jalan tol. Terkahir, Jasa Marga juga senantiasa berkoordinasi dengan Kepolisian sebelum melakukan rekayasa lalin, misalnya contraflow.

"Contraflow yang kami siapkan dimulai dari Km 65 atau menjelang Dawuan sampai dengan Km 47 pada Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta. Bagi pengguna jalan yang menuju Jakarta dan memilih menggunakan lajur contraflow, maka mereka tidak bisa melewati Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) yang akses masuknya di Km 48," jelasnya.

Lanjutkan Membaca ↓