Sukses

Cegah Penyebaran Covid-19, KKP Semprot Disinfektan ke 4.247 Kapal

KKP juga aktif mensosialisasikan protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) ikut serta dalam program pengendalian penyebaran virus Corona Covid-19 khususnya di sektor kelautan. Salah satu cara yang dijalankan adalah dengan penyemprotan disinfektan di kapal laut hingga pemberian masker gratis.

Kasubdit Pengawakan Kapal Perikanan Direktorat Kapal Perikanan dan Alat Tangkap KKP Muhammad Iqbal mengatakan, sampai saat ini ada 4.247 kapal yang telah disemprot cairan disinfektan.

Terbanyak ada di pelabuhan Belawan mencapai 600 kapal dan sisanya tersebar di berbagai pelabuhan Indonesia.

Sementara, pihaknya mencatat total masker yang telah dibagikan secara gratis sebanyak 36.543. Penyaluran masker terbanyak juga di pelabuhan Belawan sebanyak 5.200 lembar kain masker.

"Ini semua bagian dari cara KKPmemerangi pandemi Corona, terutama di sektor kelautan. Mengingat virus ini sangat berbahaya," kata dia dalam diskusi virtual via Zoom, Kamis (30/7/2020).

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kooperatif

Selain itu, KKP juga aktif mensosialisasikan protokol kesehatan sesuai ketetapan pemerintah. Sosialisasi ini sendiri telah dilaksanakan secara bergilir di seluruh UPT pelabuhan perikanan (Pusat).

Maka dari itu, ia berharap pelaku usaha di sektor perikanan dan pekerja kooperatif untuk melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Antara lain, adanya cek suhu tubuh kepada seluruh orang yang akan memasuki pelabuhan sampai menjaga physical distancing di lokasi kerja.

"Protokol ini sudah seharusnya ditaati bersama. Mengingat untuk menekan wabah ini dibutuhkan kesadaran bersama untuk menerapkan protokol kesehatan," imbuh dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.