Sukses

Kemendag Raih Penghargaan Opini WTP 9 Kali Berturut-Turut

Kemendag kembali menerima penghargaan Opini WajarTanpa Pengecualian/Unqualified Opinion (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menerima penghargaan Opini WajarTanpa Pengecualian/Unqualified Opinion (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untukpemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Perdagangan Tahun 2019.

Dengan demikian, Kemendag telah sembilan kali berturut-turut memperoleh opini WTP, mulai dari 2011 hingga2019.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan, peraihan Opini WTP ini merupakanprestasi Kemendag dalam mengelola keuangan negara dengan baik.

Penghargaan Opini WTP tersebut diterima Mendag Agus dari Anggota II BPK RI, Pius Lustrilanang,di Auditorium Kemendag pada Kamis pekan lalu.

Acara Penyerahan Laporan Hasil PemeriksaanLaporan Keuangan Kementerian Perdagangan Tahun 2019 tersebut juga dihadiri Wakil Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga.

“Dalam Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kementerian Perdagangan Tahun2019, BPK-RI memberikan opini WTP. Penghargaan ini menunjukkan komitmen keterbukaan danakuntabilitas Kemendag dalam proses pengelolaan keuangan negara,” ujar Mendag Agus.

Penghargaan WTP ini diberikan setelah dilakukan penelaahan (review) berjenjang dan menyeluruhatas laporan realisasi anggaran, neraca, laporan operasional, laporan perubahan ekuitas, dan catatan atas laporan keuangan.

Pada kesempatan itu, Mendag Agus menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan dan TimPemeriksa BPK-RI atas rekomendasi pemeriksaan demi peningkatan kualitas pengelolaan keuangan di lingkungan Kemendag.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi

Apresiasi juga disampaikan Mendag Agus kepada jajaran satuan kerja, serta Tim Riviu Inspektorat Jenderal Kemendag yang mendampingi dan memberikanasistensi sehingga hasil audit BPK-RI atas Laporan Keuangan Kemendag Tahun 2019 berhasil mempertahankan opini WTP selama sembilan kali berturut-turut.

“Laporan keuangan ini merupakan parameter perbaikan, parameter reformasi, dan parameterperubahan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan negara. Saya mengharapkan prestasiyang diraih laporan keuangan tahun 2019 ini dapat memberi semangat dan motivasi agar laporan keuangan tahun 2020 nantinya juga meraih prestasi yang membanggakan," tegas Mendag Agus.

Lebih lanjut, Mendag Agus mengimbau jajaran internal Kemendag untuk menindaklanjuti rencanaaksi (action plan) yang telah disepakati guna dapat menjalankan amanat Presiden Joko Widodo kepada Kemendag secara optimal.

Selain itu, Mendag juga mengingatkan pentingnya sinergi seluruh elemen dalam mendukungprogram pemerintah menjaga kondisi perekonomian nasional selama pandemi Covid-19.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.