Sukses

4 Cara Sederhana Raih Kebahagiaan dari Uang yang Anda miliki

Berikut empat cara nyata uang dapat membuat Anda lebih bahagia.

Liputan6.com, Jakarta - Kita semua pernah mendengar bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan. Hal-hal duniawi yang material dapat membawa perasaan kegembiraan dan sukacita sementara, tetapi jika Anda tidak memiliki sikap internal yang diarahkan untuk menjadi bahagia, perasaan itu tidakakan bertahan lama. 

Mungkin kebahagiaan itu sendiri adalah keputusan pribadi yang secara umum dapat dijunjung tinggi terlepas dari pengaruh luar. Tetapi, uang pasti dapatmemengaruhi perasaan Anda saat ini dan dalam jangka panjang. 

Dan sementara uang seringdipandang sebagai musuh kebahagiaan. Melansir dari Lifehack.org pada Selasa (28/07/2020) berikut adalah empat cara nyata uang dapat membuat Anda lebih bahagia.

1. Anda Dapat Memberikan Uang Kepada Orang Lain

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan dengan uang adalah memberikannya. Ya,itu berlawanan dengan intuisi, tetapi memberikan uang mungkin sebenarnya membawalebih banyak kebahagiaan daripada mendapatkan uang di tempat pertama. 

Anda harusn memutuskan sendiri berapa level pemberian yang ingin Anda lakuakan, tetapi bisasemudah membayar makan siang teman.

 Bahkan sedikit tindakan pelayanan dan kebaikanakan sangat membantu membangun kebahagiaan pribadi.Manfaat lain dari memberi uang adalah menciptakan sikap yang lebih sehat terhadap uangpada umumnya. Anda dapat memupuk kebiasaan memberi dan pemahaman bahwa akanada lebih banyak uang.

Memang, banyak buku dan pemikir berbicara tentang gagasanhukum tarik-menarik, klaim ini bahwa memberikan uang akan membantu Anda menghasilkan lebih banyak uang karena Anda terus-menerus memproyeksikan perasaankelimpahan dan kekayaan. Sikap berkelimpahan dan memberi dapat mencegah keegoisandan perasaan negatif yang menyertainya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Penuhi Kebutuhan Dasar Anda

Ada perbedaan antara membeli steak dan membeli sekaleng kacang, seperti halnya adaperbedaan antara membeli Ferrari dan membeli Honda Civic. Sementara pembelianmewah mungkin membawa kebahagiaan tambahan, kualitas hidup Anda dan tingkatkebahagiaan bisa sedikit berfluktuasi di antara tahap kesejahteraan dan membeli makananAnda sendiri.

Ada sesuatu yang sangat memberdayakan tentang menyediakan kebutuhan dasar Andasendiri. Pikirkan transisi antara sekolah menengah dan perguruan tinggi atau kehidupandewasa. Bagi kebanyakan orang, mereka memiliki kesempatan untuk melebarkan sayapmereka dan meninggalkan sarang. 

Di mana orang tua pernah menyediakan makanan dantempat tinggal, sekarang individu tersebut harus berjuang sendiri. Dan sementara itu bisamenakutkan dan kadang-kadang stres, ada perasaan prestasi nyata ketika Andamenemukan apartemen pertama Anda atau membeli mobil pertama Anda. 

Ini tidak perlu boros, tetapi mengurus kebutuhan dasar Anda sendiri menumbuhkan kepercayaan diri danharga diri. Tidak ada yang suka merasa mereka tidak bisa mengurus diri sendiri, dan uangdapat membantu Anda menghindari perasaan itu.

3 dari 4 halaman

3. Anda Bisa Bebas dari Utang

Salah satu hal paling merusak secara pribadi dalam kehidupan seseorang adalah terjebakdalam hutang. Kartu kredit, mobil baru, liburan, tagihan medis, peristiwa kehidupan yang tidak terduga, pengangguran, kecanduan belanja, dan banyak lagi semuanya dapatmenyebabkan hutang yang membuat stres. 

Dan begitu Anda berhutang, bunganya mulai menumpuk, meninggalkan Anda dalam siklus yang mengerikan yang bisa sangat sulituntuk dihentikan.

Sementara penyalahgunaan uang dapat membuat Anda berhutang. Menggunakan uangdengan bijak dapat membebaskan Anda dari hutang dan membantu Anda menciptakanmasa depan keuangan yang lebih cerah. 

Walaupun mungkin merupakan jalan panjanguntuk keluar dari hutang, Anda dapat membantu mempertahankan motivasi denganmemikirkan seperti apa hidup Anda nantinya ketika Anda tidak berutang kepada siapapun dan Anda memiliki kendali penuh atas keuangan Anda sendiri.

4 dari 4 halaman

4. Anda Dapat Melakukan Sesuatu yang Berarti Secara Pribadi

Akhirnya, pertimbangkan cara-cara Anda dalam menggunakan uang untuk sesuatu yang bermakna dalam hidup Anda. Pikirkan tujuan besar yang memberi Anda kegembiraan danperasaan puas. 

Misalnya, bagaimana perasaan Anda untuk dapat membantu membayaranak-anak Anda untuk lulus kuliah? Bagaimana perasaan Anda untuk dapat memulaibisnis Anda sendiri? Seperti apa rasanya menciptakan bisnis Anda sendiri ataumenjadikan hari jadi Anda lebih istimewa? Uang memiliki kekuatan untuk membantu Anda mencapai tujuan yang dapat membawalebih banyak makna dalam hidup Anda.

Cobalah dan alihkan pola pikir Anda dari sikapmaterialistis ke sikap menemukan makna melalui uang. Ini akan membantu menghindariperilaku konsumtif.

 Ketika Anda mengingat tujuan hidup Anda yang lebih besar, akanmenjadi lebih mudah untuk menghindari pembelian cepat yang mungkin sebenarnyamengurangi kebahagiaan Anda dalam jangka panjang.

Lain kali Anda mendengar seseorang berkata bahwa uang tidak bisa membeli kebahagiaan,pikirkan beberapa ide ini. Ketika Anda memiliki pandangan yang sehat tentang uang yangberfokus pada memberi kepada orang lain, menyediakan kebutuhan Anda sendiri, tetap bebasdari hutang, dan mencapai tujuan pribadi yang bermakna, Anda mungkin menemukan bahwauang sebenarnya dapat meningkatkan kebahagiaan Anda dan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Reporter: Erna Sulistyowati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.