Sukses

Ingin Tahu Anda Cocok Tidak Jadi Pengusaha? Kenali Tanda-Tandanya

Ada beberapa tanda yang bisa dikenali apakah Anda sangat cocok menjadi seorang pengusaha

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya semata-mata meraih keuntungan saja, tapi menjadi pengusaha juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi karena Anda sendiri adalah bos di perusahaan.

Di sisi lain, Anda juga memiliki kesempatan untuk membuka lowongan pekerjaan bagi mereka yang membutuhkan.

Secara tidak langsung juga ikut membantu negara ini dalam meningkatkan perekonomian.Namun, tidak semua orang bisa menyadari bahwa dirinya cocok menjadi pengusaha atau tidak.

Hal inilah yang membuat sebagian orang justru lebih memilih untuk menghabiskan waktunya menjadi seorang pegawai atau staf biasa.

Ada beberapa tanda yang bisa dikenali apakah Anda sangat cocok menjadi seorang pengusaha yang sukses, seperti pada ulasan berikut ini yang dikutip dari Cermati.com.

1. Memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi

Anda bisa menggerakkan orang lain untuk mengikuti suatu perintah? Selamat! Itu artinya Anda telah sukses melewati satu ujian tentang kepemimpinan yang mana harus dimiliki bila ingin menjadi seorang pengusaha.

Sikap kepemimpinan menjadi cerminan apakah usaha yang dijalankan nanti bisa maju atau tidak.

Memimpin disini tidak sekedar mengatur, tapi juga tahu apa yang menjadi kebutuhan dari setiap karyawan. Anda juga tidak sungkan untuk memberi apresiasi kepada karyawan yang berprestasi, sehingga mereka bangga dan semakin semangat bekerja di perusahaan.

2. Mau mendengarkan pendapat orang

Anda tahu kalau bukan hanya atasan yang berhak berbicara dan didengarkan oleh bawahan, tetapi juga sebaliknya. Bawahan juga punya kesempatan yang sama di perusahaan.

Dalam hal ini, Anda mencoba untuk menelaah setiap masukan, pendapat, dan kritik dari bawahan. Lalu, menjadikannya sebagai catatan untuk perkembangan usaha di masa yang akan datang.

Dengan mau mendengar, Anda jadi lebih tahu situasi apa yang sebenarnya terjadi di perusahaan. Sehingga tidak ada kesan seperti menutup-nutupi sesuatu, karena bawahan sendiri mau bersikap terbuka kepada Anda.

3. Senang belajar hal-hal baru

Anda selalu merasa kalau ilmu yang dimiliki saat ini belum cukup baik untuk kemajuan perusahaan. Sehingga muncul keinginan untuk terus belajar, baik dari pengalaman dan kesalahan sendiri maupun dari pengalaman orang lain.

Anda juga senang menghadiri seminar atau pelatihan mengenai usaha, bahkan tak keberatan untuk membayar biaya masuk demi mendapatkan ilmu yang bermanfaat. 

Tak heran kalau usaha yang Anda bangun mengalami kemajuan yang cukup pesat. Sebab, Anda sudah membekali diri dengan ilmu dan pengetahuan yang cukup mengenai cara membangun usaha.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Mampu berkomunikasi dengan baik

Setiap kali Anda menjelaskan sesuatu kepada orang lain dan orang itu dapat memahaminya, itu artinya Anda punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Ini sangat penting dalam menjalankan sebuah usaha. Karena dalam praktiknya nanti, ada banyak komunikasi yang akan dibangun bersama orang lain. Entah itu untuk tujuan negosiasi ataupun kerja sama bisnis dengan para klien.

Dari cara berkomunikasi, orang lain juga dapat menilai kapabilitas dalam diri Anda. Dan tentunya dapat mempercayai apa yang Anda katakan.

Jadi, jangan ragu untuk terus melatih teknik berkomunikasi demi kepentingan bisnis Anda hari ini dan hari esok.

5. Punya pendirian

Punya pendirian merupakan bukti kalau Anda cocok menjadi calon pengusaha di masa depan. Dengan pendirian yang teguh, Anda pun tidak mudah terombang-ambing hanya karena bisikan atau perkataan negatif yang datang dari orang lain.

Anda percaya dengan segala kerja keras, upaya, dan tekad yang kuat, bisnis dapat meraih sukses seperti apa yang diharapkan. 

6. Punya segudang ide dan kreatif

Meski dalam keadaan terjepit sekalipun, Anda tidak pernah merasa kehilangan ide yang ada kaitannya dengan bisnis. Tak heran kalau setiap masalah yang menimpa bisnis bisa segera diatasi, sehingga bisnis pun kembali menemukan jalan untuk bergerak maju. 

Selain itu, juga memiliki kreativitas tinggi untuk menciptakan sesuatu yang unik dan berbeda dari bisnis milik orang lain. Berkat kreatifitas ini, banyak orang yang tertarik untuk bekerja sama dengan bisnis yang Anda bangun.

7. Mampu membuat perencanaan jangka panjang

Setiap perencanaan yang Anda buat bukan untuk jangka waktu satu atau dua tahun saja, melainkan jangka panjang yang waktunya bisa mencapai belasan tahun.

Perencanaan inipun disusun dengan rapi, disertai dengan berbagai kemungkinan mengenai baik atau buruk yang mungkin terjadi dalam aplikasinya nanti.

Tidak berhenti sampai disitu, Anda juga sudah menyiapkan beberapa antisipasi dan cara untuk menghadapi kemungkinan tersebut. Sehingga risiko terjadinya kegagalan dapat diminimalisir sekecil mungkin.

 Terus Asah Kemampuan

Dari tujuh tanda di atas, berapa banyak tanda yang sudah berhasil Anda miliki? Bila nyatanya belum ada atau masih satu, dua tanda saja, setidaknya Anda tahu kriteria seperti apa yang harus dimiliki oleh pengusaha.

Dengan demikian, Anda bisa terus mengasah kemampuan dan memantaskan diri untuk menjadi seorang pengusaha.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.