Sukses

Menteri Edhy Prabowo Sumbang 500 Ekor Benih Patin ke Seskoal Cipulir

Menteri Edhy Prabowo juga menyumbang benih ikan bandeng untuk dikembangbiakkan di kolam bioflok di Markas Seskoal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo memberikan 500 ekor benih patin kepada Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Cipulir, Jakarta Selatan. Pemberian benih ini dilakukan dalam rangka memberikan dukungan atas program ketahanan pangan yang digalakkan TNI AL.

"Hari ini kita serahkan 500 ekor benih patin untuk mendukung program di sini,” kata Edhy Prabowo di Markas Seskoal, Jakarta Selatan, Senin (27/7/2020).

Selain benih ikan patin, Edhy juga menyumbang benih ikan bandeng untuk dikembangbiakkan di kolam bioflok di Markas Seskoal. Setidaknya ada 24 unit kolam bioflok dengan diameter masing-masing 3 meter. Ikan yang dipelihara beragam, seperti patin, lele, nila, hingga mujair.

KKP juga akan memberikan bantuan kolam bioflok sebanyak 24 unit. Bantuan tambahan ini karena Edhy Prabowo melihat kolam-kolam bioflok yang ada terawat dan sudah berhasil panen.

“Ini bermanfaat sekali, makanya kita bantu lagi 24 kolam," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan Belajar

Edhy berharap kolam bioflok di Seskoal bisa menjadi bahan belajar bagi para perwira siswa (Persis) untuk selanjutnya dikembangkan ke daerah-daerah tempat mereka bertugas nanti.

"Yang paling penting setelah dari sini, siswa Persis bisa membawa ini ke daerah-daerah-daerah, ke tengah masyarakat tempat mereka bertugas. Mudah-mudahan bukan cuma ikan tawar, tapi juga budidaya ikan laut,” pesan Edhy.

 

3 dari 3 halaman

Untuk Kebutuhan Internal

Sementara itu, Komandan Seskoal, Laksamana Muda Iwan Isnurwanto mengatakan manfaat kolam bioflok sangat terasa khususnya di masa pandemi Covid-19. Hasil panen bisa memenuhi kebutuhan internal dan para siswa Seskoal.

“Hasilnya tidak banyak, tapi minimal bisa untuk internal Seskoal. Jadi kita tidak susah-susah mencari keluar,” kata Iwan.

Dalam kesempatan yang sama, Edhy memberikan kuliah umum untuk para Persis. Dia juga menyerahkan bantuan 600 kilogram ikan layang dan 900 pack produk olahan ikan, berupa siomay dan nugget.

Reporter: Anisyah Al Faqir

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.