Sukses

Penampakan Masjid Istiqlal Sebelum dan Sesudah Renovasi

Bagi yang penasaran, berikut penampakan Masjid Istiqlal sebelum dan setelah renovasi.

Liputan6.com, Jakarta Proses renovasi Masjid Istiqlal yang dimulai pada Mei 2019 telah selesai sepenuhnya. Rencananya,  Masjid Istiqlal yang berwajah baru siap dipakai dan diresmikan sebelum hari raya Idhul Adha pada akhir Juli ini.

"Renovasi Masjid Istiqlal sudah 100 persen dan sudah dilakukan provisional handover (PHO). Saya dan Imam Besar Masjid Istiqlal bersepakat dan berjanji kepada Presiden Joko Widodo supaya Masjid Istiqlal bisa digunakan saat Idul Adha, Alhamdulillah ternyata bisa. Akan saya laporkan ke Presiden untuk menunggu waktu beliau meresmikan," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu.

Dilaporkan Basuki, renovasi Masjid Istiqlal ini berjalan baik, utamanya pada pekerjaan lansekap dan pencahayaan.

"Di dalam masjid ada tanaman Lee Kuan Yew yang sudah menjuntai panjang, beberapa waktu lalu juga sudah dicek Bapak Presiden. Lighting juga sudah kita coba tadi. Renovasi besar-besaran untuk pertama kali sejak dibangun 42 tahun lalu, Insya Allah sudah sesuai dengan harapan masyarakat," ungkapnya.

Buat yang penasaran, begini penampakan Masjid Istiqlal sebelum dan sesudah renovasi, seperti melansir akun resmi Kementerian PUPR, Minggu. 26 Juli 2020. 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Tampak Depan

Renovasi besar pertama yang dilakukan sejak dibangunnya Masjid Istiqlal pada 1978 ini menghadirkan wajah baru bagi masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Lingkup pekerjaan renovasi Masjid Istiqlal meliputi penataan kawasan, pekerjaan struktur, arsitektur, mechanical electrical plumbing (MEP), lighting, interior, dan signage.

 

 

3 dari 8 halaman

Tampak Atas

Dalam sejarahnya, Masjid Istiqlal yang berarti “Merdeka” ini dibangun sebagai simbol kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

 

4 dari 8 halaman

Tampak Atas Lainnya

5 dari 8 halaman

Lahan Parkir

6 dari 8 halaman

Mihrab

7 dari 8 halaman

Penampakan Dalam

8 dari 8 halaman

Lokasi Wudhu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.