Sukses

Terkuak, Waktu yang Dibutuhkan Para Orang Terkaya Dunia Gapai Kesuksesan

Kebanyakan pengusaha besar harus berjuang hingga beberapa dekade sebelum masuk ke dalam kelompok orang terkaya dunia.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pengusaha bermimipi bisnis yang dibangunnya dapat menjadikan dirinya seorang miliarder dalam semalam. Tapi kebanyakan pengusaha besar harus berjuang hingga beberapa dekade sebelum masuk ke dalam kelompok orang terkaya dunia.

Merujuk hasil analisa dari Daftar Miliarder Terkaya Forbes 2020, rata-rata pengusaha besar butuh waktu 21 tahun untuk membuat kekayaannya menyentuh USD 1 miliar (Rp 14, 5 triliun).

Beberapa di antaranya bisa meraih sukses lebih cepat, seperti CEO Facebook Mark Zuckerberg. Sementara lainnya seperti Miliarder Zara Amancio Ortega butuh waktu lebih lama.

Dalam urusan kecepatan, tak ada miliarder yang bisa menyaingi pendiri eBay Pierre Omidyar, yang mampu menghasilkan miliaran dolar hanya dalam tiga tahun setelah mendirikan rumah lelang online.

Mengutip laman Business Insider, Jumat (24/7/2020), berikut daftar 11 nama orang terkaya dunia dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kekayaan:

1. Carlos Slim Helu (30 tahun)

Carlos Slim Helu saat ini merupakan orang terkaya di Mexico. Tapi dirinya butuh waktu 30 tahun untuk menjadi miliarder.

Slim (80 tahun) dan beberapa anggota keluarganya kini mengontrol perusahaan telekomunikasi terbesar di Amerika Latin.

Dia juga menginvestasikan kekayaannya pada sektor konstruksi, barang konsumsi, perusahaan real estate di Mexico, sekaligus pemegang saham New York Times.

2. Amancio Ortega (26 tahun)

Butuh waktu sekitar 26 tahun bagi Ortega agar usahanya di bidang fashion bisa sukses besar.

Pria Spanyol berusia 84 tahun ini memulai karirnya di industri manufaktur tekstil. Namun kemudian ia membuat perusahaannya sendiri, Zara bersama sang istri Rosalia Mera pada 1975.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Warren Buffet (23 tahun)

Cara berinvestasi Warren Buffet yang konservatif mungkin telah membuatnya meraup banyak uang. Tapi itu berjalan perlahan. Butuh waktu 23 tahun agar Buffet bisa menjadi seorang miliarder.

4. Bernard Arnault (13 tahun)

Bernard Arnault harus menunggu 13 tahun sebelum menjadi miliarder. Pebisnis asal Perancis berusia 71 tahun ini merupakan pengusaha terkaya dunia di bidang industri fashion.

5 dan 6. Steve Ballmer dan Bill Gates (12 tahun)

Keduanya berhasil menjadi miliarder dalam jangka waktu 12 tahun pasca Bill Gates menemukan raksasa perangkat lunak Microsoft.

Sementara Ballmer mulai menjadi pegawai pertama Microsoft setelah DO dari Stanford Business School pada 1980. Kepemilikan sahamnya di Microsoft juga berhasil membuatnya jadi miliader.

7. Larry Ellison (9 tahun)

Waktu 9 tahun berhasil menjadikan Ellison sebagai seorang miliarder setelah mendirikan Oracle. Meski dulunya sempat DO dua kali dari kampus, pria yang kini berusia 75 tahun ini sekarang dikenal sebagai pengusaha besar yang mengembangkan sistem manajemen berbasis data.

 

3 dari 3 halaman

8 dan 9. Sergey Brin dan Larry Page (6 tahun)

Duet pendiri Google ini sukses menjadi miliarder dalam waktu 6 tahun. Pasangan ini kemudian menghabiskan beberapa dekade di perusahaan anak google, Alphabet, sebelum Brin pada akhirnya mengundurkan diri di 2019.

10. Jeff Bezos (5 tahun)

Selain dikenal sebagai orang terkaya dunia saat ini, Bezos juga ternyata tumbuh menjadi miliarder dalam waktu relatif sangat cepat, 5 tahun saja.

Berkat Amazon yang didirikannya pada 1994, kekayaan Bezos kini tercatat sebagai yang terbesar sepanjang sejarah.

11. Mark Zuckerberg (4 tahun)

Pendiri Facebook ini mungkin tidak lulus dari Harvard secara normal selama 4 tahun, namun ia berhasil menjadi salah satu miliarder terbesar dunia dalam waktu sebanyak itu.

Zuckerberg yang berusia 35 tahun ini membuat jejaring sosial media tersebut di kamar asramanya saat kuliah di Harvard. Kepemilikan saham 15 persen di Facebook sukses membawanya menjadi orang terkaya ke-7 di dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder