Sukses

Pusing Tak Kelar-kelar Bayar Utang, Begini 3 Solusi Melunasinya

Kunci untuk mengelola utang adalah tidak menyerah.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada yang berencana untuk memiliki utang kepada siapapun. Tetapi ada banyak alasan orang melakukannya, seperti kehilangan pekerjaan, keadaan medis yang tidak terduga atau kenaikan biaya hidup.

Terlepas dari alasan itu, dan berapa banyak yang harus dibayar, dengan manajemen dan ketekunan, memungkinkan Anda untuk mengatasi masalah keuangan.

Kunci untuk mengelola utang adalah tidak menyerah. Langkah pertama untuk mengatasi utang adalah dengan mengetahui apa yang terhutang dan memahami situasi utang seseorang.

Berikut 3 strategi agar Anda bisa melunasi utang dengan teratur sekaligus keuangan terjaga, dilansir dari laman Freemalaysiatoday.com, Jumat (24/7/3030).

1. Lihat situasi keuangan 

Mulailah dengan menyortir utang-utang ini ke dalam kategori yang mungkin meliputi: utilitas, sewa atau hipotek, utang bank, pinjaman, utang pribadi, dan kartu kredit. Kemudian tentukan kategori mana yang membutuhkan perhatian paling cepat.

Sebagai contoh, tidak ada yang lebih buruk daripada berutang kepada teman atau anggota keluarga. Jadi utang ini harus selalu dilunasi terlebih dahulu. Utang ini bahkan dapat menyebabkan tindakan hukum jika mereka dibiarkan menumpuk.

2. Ukur prioritas 

Sementara meminjam uang mungkin merupakan kebutuhan pada saat itu, suku bunga seringkali dapat mengalahkan rencana pembayaran Anda menjadi lebih lama.

Daftarkan utang dalam urutan tingkat bunga tertinggi hingga terendah. Mereka yang memiliki bunga tertinggi harus menjadi perhatian No 1 karena akan lebih sulit untuk dibayar, jika terus dibiarkan.

Lalu pertimbangkan rencana pembayaran dari jumlah terbesar untuk utang Anda, atau mungkin membayar dengan tingkat bunga yang lebih tinggi, dengan sumber lain pada tingkat yang lebih rendah, kemudian menangani pembayaran yang lebih mudah dikelola.

Membayar saldo minimum hanya akan menopang utang, penting untuk membayar apa yang terutang pada pernyataan untuk mengurangi utang. Penting untuk diketahui, perbedaan antara utang baik dan utang buruk.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Buat rencana pembayaran utang

Buat kalender tagihan bulanan untuk melacak pembayaran. Sertakan siapa dan apa yang Anda hutangi untuk menjaga keuangan dengan lebih baik.

Setelah ditetapkan, utang mana yang merupakan prioritas pertama untuk pembayaran, buatlah rencana yang dapat ditambahkan ke kalender ini.

Saat bekerja dengan satu atau dua utang prioritas tinggi, terus lakukan setidaknya pembayaran minimum pada orang lain untuk menghindari biaya keterlambatan.

Anda bisa meminta bantuan penasihat keuangan untuk membantu jika gagal dalam membayar utang, atau utang tidak dapat dikendalikan.

Bersabarlah tentang mengurangi atau menghapus utang. Jalan menuju kebebasan utang mungkin panjang, jadi pastikan rencananya mempertimbangkan pekerjaan jangka panjang yang mungkin diperlukan pengurangan utang.

Simpan kalender dengan laporan terbaru dan rencana pengurangan utang baru, di area yang sering digunakan di rumah, dan jangan lupa untuk memonitor perkembangan pelunasan utang Anda.

Tetap terorganisir dan memahami sifat situasi utang khusus Anda, akan membantu menciptakan rencana unik yang tepat untuk setiap individu dan kebutuhan keuangan Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.