Sukses

Ekonom: Erick Thohir Kurang Tepat jadi Ketua Tim Pemulihan Ekonomi

Sejumlah ekonom mengkritisi pemerintah seolah buang waktu dengan pembentukan komite baru ini

Liputan6.com, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mempertanyakan keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membuat Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

Bhima menilai, pemerintah seolah buang waktu dengan pembentukan komite dan tim Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Apa tujuan membuat komite baru? untuk penanganan Covid-19 sudah ada gugus tugas," cibir Bhima seperti disampaikan kepada Liputan6.com, Rabu (22/7/2020).

Sementara untuk pemulihan ekonomi nasional, ia melanjutkan, harusnya itu menjadi fungsi dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Institusi tersebut dikatakannya bisa untuk mengkoordinasikan semua pelaksanaan teknis stimulus bidang ekonomi.

Selain itu, Bhima menilai pengangkatan Menteri BUMN sebagai ketua tim Pemulihan Ekonomi Nasional juga kurang tepat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sri Mulyani Lebih Cocok

Dia berpendapat, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati masih lebih cocok untuk mengurusi penanganan ekonomi di tengah situasi pandemi ini.

"Bukan menunjuk spesifik ke Menteri BUMN. Kalaupun ditunjuk yang pas adalah Menteri Keuangan karena problem utama terkait rendahnya realisasi stimulus fiskal," seru dia.

Menurut dia, saat ini yang mendesak adalah bagaimana mengurusi hambatan birokrasi dan teknis. Itu disebutnya penting untuk mempercepat realisasi stimulus, memperbaiki data penerima bantuan sosial, dan merumuskan tambahan stimulus baru.

"Kalau terlalu banyak komite apa ada jaminan stimulus bisa efektif? Pembentukan komite baru jadi indikasi pola koordinasi yang ada tidak berjalan mulus," ujar Bhima.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.