Tips Jitu Mengelola Keuangan Selama New Normal

Oleh Reza pada 22 Jul 2020, 16:30 WIB
Diperbarui 23 Jul 2020, 14:13 WIB
Mulai Mengatur Anggaran Keuangan
Perbesar
Ilustrasi Anggaran Keuangan Credit: pexels.com/Breakingpic

Liputan6.com, Jakarta Indonesia memasuki fase new normal saat pandemi ini. Walaupun bertahap, sejumlah aktivitas sudah bisa dijalankan dengan mengikuti protokol kesehatan. Mulai dari bekerja sampai berbelanja.

Hal itu memang angin segar bagi masyarakat yang sudah 3 bulan beraktivitas di rumah saja. Namun, mentang-mentang new normal, bukan berarti harus menghamburkan uang. Malah, dengan fase ini kita diharuskan untuk bijak mengelola keuangan dengan tepat.

Untuk itu, agar bijak mengelola keuangan selama masa new normal, dilansir Liputan6.com, berikut tipsnya:

Pengeluaran prioritas

Agar keuangan tetap sehat selama masa new normal, kamu perlu prioritaskan pengeluaran setiap bulannya. Hal itu sangat penting, mengingat selama WFH tanpa sadar kamu melakukan konsumsi yang tidak diperlukan bahkan melebihi jatah ‘jajan’ dari hari biasa.

Maka dari itu, tentukan pengeluaran apa saja yang wajib kamu bayar. Catat mulai dari sekarang, lalu tentukan hal-hal yang menurut kamu penting, seperti biaya sewa rumah, tagihan listrik, air dan makanan setiap bulannya. Jika dari pengeluaran bisa kamu pangkas, kurangi dan jadikan uang itu untuk kebutuhan lain.

Utamakan kebutuhan ketimbang keinginan

Selain prioritaskan pengeluaran, kamu juga perlu menekankan pada diri sendiri, hindari untuk membeli suatu barang yang tidak perlu. Alangkah baiknya, membeli barang sesuai dengan kebutuhan selama masa new normal. Sebagai contoh membeli barang untuk kebutuhan sehari, kebutuhan pokok misalnya. 

Cari pemasukan lain

Saat new normal tidak ada salahnya kamu membuat tambahan pemasukan. Kamu bisa berjualan secara online maupun offline. Kamu bisa jualan baju sampai masker hand made secara online. Pendapatannya bisa menjadi tambahan jikalau kamu membutuhkan dana mendesak.

Menabung

Menabung mungkin menjadi solusi yang selalu didengar tetapi susah diterapkan. Ada saja, hal yang membuat seseorang malas menabung. Padahal, menabung mempunyai manfaat yang baik untuk keuangan. 

Apalagi kini dengan menabung, kamu bisa mendapatkan hadiah sebuah mobil. Yuk’s mulai menabung di Bank BRI. Dengan membuka Tabungan BRI BritAma dan meningkatkan saldonya, kamu bisa berkesempatan mendapatkan hadiah mobil, emas, sepeda motor dan smartphone.

Bank BRI
Perbesar
Dengan membuka tabungan BRI BritAma dan tingkatkan saldonya, kamu bisa berkesempatan mendapatkan hadiah berupa mobil, emas, sepeda motor, smartphone dan sebagainya.

Kamu bisa pilih hadiahnya hanya dengan buka rekening yang bisa kamu pilih mulai dari rekening Tabungan BRI BritAma, BritAma Bisnis, BritAma Muda, dan BRI Digital Saving yang bisa dibuka melalui bukarekening.bri.co.id. Nantinya, pengundian akan dilakukan satu kali pada Agustus 2020.

Tunggu apa lagi, yuk tingkatkan saldo tabungan dan dapatkan kesempatan buat pilih hadiahmu sekarang juga. 

Untuk informasi lebih lanjut, klik tautan ini.