Sukses

Wall Street Perkasa Dipimpin Saham Amazon

Wall Street menguat karena pelaku pasar melihat adanya prospek positif karena perkembangan vaksi Corona.

Liputan6.com, Jakarta - Wall Street atau bursa saham di New York Amerika Serikat (AS) menguat pada penutupan perdagangan Senin (Selasa pagi waktu Jakarta. Penguatan tersebut dipimpin oleh saham Amazon.

Pelaku pasar melihat adanya prospek positif karena perkembangan vaksi Corona. Selain itu, pelaku pasar juga melihat adanya potensi besar keluarnya stimulus fiskal.

Mengutip CNBC, Selasa (21/7/2020), indeks acuan S&P 500 naik 0,8 persen atau 27,11 poin menjadi 3.251,84. Indeks ini sudah berbalik positif jika dihitung sejak awal tahun dengan kenaikan 0,6 persen.

Indeks Nasdaq Composite juga naik 2,5 persen atau 263,90 poin menjadi 10.767,09. Dow Jones Industrial Average diperdagangkan 8,92 poin lebih tinggi menjadi 26.680,87.

Saham Amazon di Wall Street naik 7,9 persen dan membukukan perdagangan terbaiknya sejak Desember 2018 setelah seorang analis Goldman Sachs menaikkan target harga saham Amazon menjadi USD 3.800 per saham. Angka tersebut merupakan angka tertinggi di Street.

Facebook dan Netflix masing-masing naik lebih dari 1 persen. Sementara Apple dan Alphabet masing-masing naik 2,1 persen dan 3,1 persen. Saham Microsoft melonjak 4,3 persen.

Pendiri ChartSmarter Douglas Busch mengatakan, arah saham-saham teknologi pada perdagangan kali ini sangat mempengaruhi gerak saham-saham di sektor lain atau akan mempengaruhi gerak pasar saham secara keseluruhan.

"Jika sektor ini seperti joki pintar yang memiliki banyak kuda di bawahnya dalam balapan ras, maka kemungkinan akan melihat lonjakan lagi di Wal Street di musim gugur." jelas dia.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vaksin Corona dan Stimulus

Saham sektor kesehatan yang masuk dalam indeks Dow Jones Industrial Average yaitu Pfizer dan BioNTech melaporkan data positif awal tentang kandidat vaksin Corona. Dalam rilisnya, kedua perusahaan tersebut menghasilkan membuat penetral SARS-CoV-2 yang tergantung dosis tinggi dan konsentrasi kandungannya.

Saham Pfizer naik 0,6 persen di tengah adanya berita tersebut. Sementara saham BioNTech diperdagangkan 3,4 persen lebih tinggi.

Kandidat vaksin lain berasal dari Universitas Oxford dan AstraZeneca menunjukkan respons kekebalan positif dalam percobaan awal.

Pelaku usaha juga mengarahkan pandangan mereka ke Washington ketika anggota parlemen memulai negosiasi tentang langkah-langkah stimulus baru.

Awal tahun ini, Presiden Donald Trump menandatangani paket stimulus senilai USD 2 triliun yang memperluas tunjangan pengangguran bagi mereka yang diberhentikan selama pandemi.

Kemungkinan besar stimulus tersebut akan terus ditambah mengingat dampak pandemi belum berakhir sampai saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.