Sukses

Erick Thohir Dipercaya Jokowi: Selenggarakan Asian Games hingga Ketua Tim Pemulihan Ekonomi

Sejak menjadi Ketua Indonesia Asain Games Organizing Committee (Inasgoc) 2018, kinerja Erick Thohir mendapat banyak perhatian dari masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Erick Thohir semakin menggema setelah dirinya dipercaya oleh Presiden Joko Widodo (JOkowi) dalam mengemban beragam tugas.

Erick Thohir awalnya dikenal sebagai pebisnis yang punya banyak pengalaman di bidang olahraga. Dirinya tercatat pernah memiliki beberapa saham di tim sepakbola, salah satunya Inter Milan.

Brdasarkan catatan dan penelusuran Liputan6.com, Senin (20/7/2020), sejak menjadi Ketua Indonesia Asain Games Organizing Committee (Inasgoc)2018, kinerja Erick mendapat banyak perhatian dari masyarakat dan beragam tokoh.

Di bawah koordinasi Erick Thohir, penyelenggaraan Asian Games 2018 sukses besar. Kemampuannya dalam mengorganisir even olahraga terbesar se-Asia itu mendapat pujian dari banyak pihak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ketua Tim Kampanye

Hal itu kemudian disinyalir menjadi salah satu faktor yang membuat dirinya ditunjuk oleh Jokowi menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'aruf Amin dalam Pilpres 2019.

Setelah Jokowi dan Ma'aruf Amin menduduki jabatan Presiden dan Wakil Presiden, Erick Thohir dipilih sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggantikan Rini Soemarno.

Dalam menjalankan tugasnya, Erick dikenal sebagai Menteri penuh gebrakan. Baru beberapa bulan menjabat, Erick sudah melakukan gerakan 'bersih-bersih' BUMN.

Mulai dari mencopot Direktur Utama Garuda Indonesia karena terlibat skandal penyelundupan Harley, mencetuskan konsep subholding, menutup anak usaha dan memangkas jumlah BUMN, mempercepat penyelesaian masalah Jiwasraya hingga mendatangkan alat tes PCR untuk mendeteksi penyebaran Covid-19.

Kinerja Erick yang dinilai tegas dan berani tersebut tak luput pula dari sanjungan banyak pihak. Bahkan beberapa survei menilai kinerja Erick sebagai Menteri dalam 100 hari masa kerja sangat memuaskan.

Misalnya saja, Survei Indo Barometer menunjukkan, Erick Thohir memiliki hasil kerja yang nyata, kesesuaian keahlian, sikap berani, intelektualitas tinggi, menguasai permasalahan, profesional dan memiliki kinerja efektif dan efisien.

"Prabowo Subianto unggul di 43,1 persen, disusul Mohammad Mahfud MD sebesar 6,9 persen lalu Erick Thohir sebesar 5,8 persen," ujar Direktur Eksekutif Indo Barometer Muhammad Qodari beberapa waktu lalu.

 

3 dari 3 halaman

Tim Pemulihan Ekonomi

Dan yang terbaru, Jokowi menunjuk Erick sebagai pemimpin tim pemulihan ekonomi dan penanganan Covid-19. Tim ini berada di bawah koordinasi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

"Siang tadi Bapak Presiden memanggil tim dan beliau telah menandatangani PP terkait penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional. Pelaksananya diberi tugas kepada menteri BUMN Erick Thohir yang mengkoordinasikan Ketua Satgas Perekonomian dan Ketua Satgas Covid-19," kata Airlangga usai bertemu Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (20/7/2020).

Erick, bersama Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo akan melakukan diskusi penyusunan program pemulihan ekonomi dan Covid-19.

Dirinya menargetkan, program tersebut rampung pekan ini dan dapat diserahkan kepada Menko Airlangga untuk disepakati, lalu kemudian disampaikan kepada Presiden Joko Widodo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Erick Thohir kini menjabat sebagai Menteri BUMN di Kabinet Indonesia Maju.

    Erick Thohir

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi