Sukses

Mengapa Email Tidak Populer di China? Ini Alasannya

Pemakaian email di Amerika Serikat maupun di Inggris, menduduki puncak dibandingkan aktivitas online lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Di banyak negara Barat, email masih berkuasa, terutama di tempat kerja. Baik di Amerika Serikat maupun di Inggris, email adalah aktivitas online paling populer, masing-masing menarik 90,9 persen dan 86 persen pengguna internet. 

Pemakaian email di Amerika Serikat maupun di Inggris, menduduki puncak dibandingkan aktivitas online lainnya seperti menelusuri informasi tentang barang dan jasa, perbankan internet, mengonsumsi video atau audio digital dan menggunakan media sosial.

Tetapi kondisi terbalik terjadi di Tiongkok atau China. Survei Konsumen Seluler Tiongkok 2018 dari Deloitte menunjukkan bahwa orang Tiongkok memeriksa email mereka 22 persen lebih sedikit daripada pengguna di seluruh dunia.

Sebaliknya WeChat lebih dominan; sekitar 79,1 persen pemilik ponsel cerdas adalah pengguna reguler aplikasi. Sementara 84,5 persen orang yang menggunakan aplikasi perpesanan di Tiongkok menggunakan WeChat.

Melansir dari BBC.com, Senin (20/7/2020),  preferensi itu meluas ke kantor. Laporan perilaku pengguna WeChat 2017 yang disusun oleh Penguin Intelligence, sebuah kelompok penelitian Tencent (yang menciptakan WeChat), menemukan bahwa hampir 88 persen dari 20.000 orang yang disurvei menggunakan WeChat dalam komunikasi kerja harian mereka. Telepon, SMS dan faksimile digunakan oleh 59,5 persen. Email berada di urutan ketiga dengan 22,6 persen.

Usut punya usut, email tidak populer di Tiongkok karena kombinasi dari faktor budaya dan waktu. Eva Hsu, yang menjalankan bisnis branding digital, adalah warga Taiwan dan menghabiskan sebagian masa mudanya di Amerika Serikat. 

Dia sudah bekerja di Shanghai selama enam tahun. Untuk klien asingnya, Hsu mengatakan dia berkomunikasi melalui email dan LinkedIn, tetapi untuk klien Tiongkok-nya berbeda. "Klien Tiongkok cenderung menggunakan WeChat dan mengirim file di WeChat sebagai cara komunikasi utama," katanya.

Terbentuk bertahun-tahun

Dengan lebih dari satu miliar pengguna di Tiongkok, WeChat adalah aplikasi super yang ada di mana-mana. Tetapi alasan mengapa orang Tiongkok lebih suka berkomunikasi melalui platform seperti WeChat mungkin telah dibentuk bertahun-tahun sebelumnya. 

Pada tahun 1999, perusahaan teknologi Tiongkok yang baru didirikan Tencent merilis produk yang disebut QQ, berdasarkan pada program pesan instan desktop populer ICQ, yang dimiliki oleh AOL.

Pada saat itu, hanya ada 1 atau 2 komputer per 100 orang di Tiongkok, menurut Bank Dunia. Sebaliknya, ada satu komputer untuk setiap dua orang di Amerika Serikat. 

Tetapi ketika tahun 2000-an berkembang, warung internet bermunculan di seluruh Tiongkok dan dengan cepat dianut oleh orang-orang muda. 

QQ menjadi alasan utama popularitas kafe, karena menyediakan hiburan dengan fitur-fitur seperti permainan, musik, dan jejaring sosial Tiongkok awal di mana orang dapat memposting blog pribadi. 

Dibandingkan dengan email, QQ menawarkan lebih banyak interaksi, dengan kemampuan untuk membuat avatar, misalnya, dan pesan instan.

Dalam buku mereka 2008 Supertrends of Future China, rekan penulis James Yuann dan Jason Inch mencatat bahwa tidak praktis bagi anak muda Tiongkok untuk tidak memiliki akun QQ atau MSN. 

"Ini hampir seperti apa yang orang Barat akan pikirkan tentang seseorang tanpa SIM", tulis mereka. Eksekutif senior akan mendaftarkan nomor QQ mereka pada kartu bisnis dan bisnis akan memiliki akun QQ mereka sendiri.

Pada 2012 QQ memiliki 798 juta pengguna aktif bulanan, tetapi WeChat, yang juga diciptakan oleh Tencent dan dirilis pada 2011, akan terus menjadi alat komunikasi paling populer di Tiongkok, seperti halnya smartphone akan menggantikan komputer desktop sebagai perangkat komputasi utama China. 

Matthew Brennan, warga Inggris yang telah bekerja di China sejak 2004 dan merupakan konsultan inovasi digital China, mengatakan bahwa memiliki alamat email di Inggris adalah bagian dari identitas Anda karena diharuskan mendaftar untuk banyak layanan online. 

Namun, di Cina, aplikasi seluler sering diutamakan dan dimungkinkan untuk melakukan semua transaksi online Anda begitu Anda masuk ke suatu aplikasi dengan berbagai fungsi seperti WeChat atau Alipay (dibuat oleh raksasa ritel online Alibaba). Anda dapat memesan janji temu, membayar untuk berbelanja dan mengirim pesan ke teman Anda semua dalam satu aplikasi.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Budaya Kerja China

Zhong Ling, asisten profesor ekonomi di Sekolah Bisnis Cheung Kong, meyakini WeChat cocok dengan budaya kerja di Cjina. 

"WeChat, sebagai platform pengiriman pesan, menuntut waktu kerja yang lebih formal daripada email," katanya. 

"Informalitas ini membuat orang lebih mungkin merespons secara instan ... permintaan untuk tanggapan segera difeedback oleh lingkungan budaya dan bisnis di Tiongkok."

Zhong mengamati bahwa batas antara pekerjaan orang dan kehidupan pribadi lebih lemah di Tiongkok.

 "Akibatnya, pengusaha dan manajer sering mengirimkan pertanyaan kerja atau tugas di luar jam kerja normal dan memilih untuk tidak menunggu sampai hari kerja berikutnya untuk jawaban sepele." 

Dia menambahkan bahwa untuk percakapan yang membutuhkan beberapa kali interaksi, WeChat lebih cepat daripada email.

"Namun, sisi negatifnya adalah bahwa pekerja berada di bawah tekanan untuk merespons setiap saat. Sementara WeChat siap untuk tanggapan singkat dan cepat, email memiliki antarmuka yang lebih rumit, kata Brennan. 

Cara platform dibangun memengaruhi cara kami berkomunikasi dan ada efek yang halus namun terlihat ketika menyangkut platform seperti Facebook, WhatsApp, atau bahkan WeChat. 

"Mungkin ada harapan untuk respons yang lebih tepat waktu untuk pengiriman pesan instan," kata Brennan. "Jadi, bahkan jika Anda menerima pesan di akhir pekan, Anda perlu membalas."

Di negara seperti Inggris, Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru, email mempertahankan etiket dari zaman analog. 

Salam dan tanda-tangan resmi "X X" - "Salam" - dan seterusnya, ungkapkan ikatan kedekatan Anda dengan penulisan surat. Tetapi di banyak negara Asia, sifat instan dan informal dari aplikasi pengiriman pesan lebih disukai.

Alan Casey, mitra di firma konsultasi Prophet yang memiliki kantor di seluruh Asia, mengatakan ia dan tim multinasionalnya percaya aplikasi chat jauh lebih relevan daripada email di Asia daripada pasar Barat.

 “Banyak negara seperti Tiongkok dan Asia Tenggara telah melampaui usia komputer dan langsung menuju konektivitas seluler,” kata Casey. 

"Ini telah menyebabkan penyerapan besar-besaran platform sosial baik itu Facebook, WeChat, Line, KakaoTalk, Zalo, dan lainnya."

 

3 dari 3 halaman

Alat Berbisnis

Di China, selain WeChat, aplikasi bisnis melayani kebutuhan perusahaan besar atau yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan dan fitur yang berfokus pada produktivitas. 

Platform seperti DingTalk Alibaba dan ByteDance's Lark, serta versi bisnis WeChat - WeChat Work - menawarkan fitur seperti berbagi dokumen dan pengeditan online, penggajian, kepatuhan di tempat kerja, dan tingkat privasi yang lebih tinggi. 

DingTalk memungkinkan pengguna untuk melihat secara real time jika seseorang telah membaca pesan dan, jika tidak, pengguna dapat mengatur untuk meminta mereka melakukannya.

Tapi ini tidak berarti orang Tiongkok sama sekali tidak menggunakan email. Banyak yang memiliki alamat email tetapi memeriksanya jauh lebih jarang daripada rekan-rekan mereka di Amerika atau Eropa. 

Brennan mengatakan bahwa di kota-kota besar, seperti Beijing dan Shanghai, akan ada lebih banyak keselarasan dengan standar internasional.

Leely Wang, perempuan yang tinggal di Yangshuo adalah salah satu dari sedikit yang meninggalkan alamat emailnya kepada guru bahasa inggrisnya Lu-Hai Liang. Mereka terus berkomunikasi melalui email untuk sementara waktu, sebelum hilang kontak.

Leely Wang sekarang berusia 30 tahun dan tinggal di Guangdong di Cina selatan bekerja di sebuah perusahaan pencahayaan. Dimana  Lu-Hai Liang yang menemukannya di WeChat beberapa tahun yang lalu, dan itulah cara mereka berkomunikasi sekarang.

Bagi Wang, dan banyak orang Tiongkok lainnya, WeChat merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari dan email sekarang tampaknya merupakan sisa-sisa kuno dari masa lalu.

Reporter: Erna Sulistyowati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.