Sukses

10 Kegiatan Murah Meriah Bareng Keluarga yang Tak Bikin Dompet Jebol

Tidak sulit untuk menemukan kegiatan keluarga yang terjangkau, yang melibatkan semua anggota keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Selama pandemi covid-19, Anda semua pasti banyak menghabiskan waktu di rumah saja. Momen ini bisa dimanfaatkan untuk lebih dekat dengan keluarga.

Tahukah Anda? menghabiskan waktu bersama keluarga tidak harus berarti menghabiskan banyak uang. Ada alasan yang tak terhitung jumlahnya untuk menghabiskan waktu bersenang-senang dengan keluarga.

Meski mungkin sedikit sulit untuk menemukan kegiatan keluarga yang terjangkau, yang melibatkan semua anggota keluarga.

Nah, gunakan ide-ide ini untuk menghidupkan waktu keluarga tanpa menghabiskan banyak uang, dilansir dari laman Money.usnews.com, Selasa (21/7/2020).

1. Menonton Film "Drive-In"

Anda bisa mengubah ruang tamu menjadi drive-in theatre untuk anak-anak. Lakukan dimulai dengan mendekorasi kotak kardus, agar terlihat seperti mobil atau hanya meletakkan bantal.

Tak lupa siapkan camilan dan minuman untuk menemani Anda dan keluarga menonton film bersama. Dengan gaya drive in, kemudian putar film memakai televisi atau gunakan proyektor jika memilikinya.

2. Bermain Petak Umpet

Permainan anak-anak ini bisa menyenangkan bagi seluruh keluarga, jika Anda kreatif. Biarkan semua orang terlibat baik tak hanya anak-anak, tetapi juga orang dewasa termasuk orangtua. Permainan ini selain menantang juga melatih kekeluargaan.

3. Piknik di Halaman Belakang

Nikmati piknik bersama orang yang Anda cintai di halaman rumah. Cukup sediakan tikar untuk piknik, dan siapkan makanan dan minuman. Anda juga bisa barbeque bersama keluarga, atau membakar jagung, dan sebagainya, yang terpenting menikmati waktu bersama.

 

Saksikan Video Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Dengarkan Podcast atau Program Radio Bersama

Anak-anak Anda yang lebih kecil mungkin terkejut mengetahui jika dulu mendengarkan radio merupakan tren di masa orang tuanya. 

Kali ini cobalah ajak mereka bernostalgia dan memberikan pengalaman baru untuk anak Anda. Temukan podcast atau program radio kuno, atau podcast yang mendidik, dan kumpulkan keluarga lalu dengarkan bersama.

5. Berkemah di Halaman

Tergantung di mana Anda tinggal, berkemah di halaman belakang bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk mengeluarkan anak-anak dari rumah.

Membuat tenda, menggunakan sleeping bag, senter, serta tidur di bawah bintang-bintang jika cuaca tidak memungkinkan, coba berkemah di dalam ruangan.

6. Lomba Memasak

Cobalah menggelar kompetisi kecil-kecilan seperti lomba memasak atau membuat camilan seperti kue, dan lainnya. Ajak anggota keluarga untuk berkreasi di dapur, lalu nikmati kreasi keluarga dan pilih seorang pemenang.

Tetaplah rencanakan satu minggu di mana setiap orang ditantang untuk membuat makan malam, sarapan, atau makan siang.

 

3 dari 3 halaman

7. Mengadakan Lomba lagi

Dengan sedikit imajinasi, Anda dapat mengubah rumah menjadi tempat bermain yang menyenangkan bagi anak-anak Anda. Gunakan bantal sofa, hula-hoop, pita, cat lukis, atau benda lain yang dapat mengasah imajinasi anak Anda.

8. Tari TikTok

Banyak keluarga berkumpul di platform media sosial TikTok untuk menciptakan berbagai tarian viral. Unduh aplikasi, ajak keluarga, lalu merekam video bersama.

Mungkin anak Anda akan berpikir aneh menari bersama orangtua, namun dengan berbaur sebagai orang dewasa bisa bersenang-senang dengan anak dan anggota keluarga lain dengan menari ala Tiktok.

9. Baca Buku Bersama

Kurangi waktu memainkan handphone, atau laptop dan pelajari sesuatu yang baru saat Anda membaca buku baru bersama-sama.

Jika Anda memiliki anak yang lebih besar, suruhlah mereka untuk membaca buku satu per satu, kemudian diskusikan di pertemuan klub buku keluarga.

Untuk anak-anak yang lebih kecil, kumpulkan semua orang di sekitar dan bergiliran mendengarkan satu orang membacakan dengan keras.

10. Bersih-bersih Bersama

Jika Anda telah menghabiskan semua kegiatan rekreasi. Anda bisa membagi tugas di sekitar rumah dan membuat pembersihan rumah Anda menjadi pesta keluarga. Nyalakan musik, menari sedikit dan nikmati waktu yang Anda miliki dengan orang-orang yang Anda cintai.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.