Sukses

4 Trik Hemat Uang Belanja Bulanan

Kantong langsung bolong usai belanja bulanan? coba atur pengeluaran lewat cara ini!

Liputan6.com, Jakarta - Berapa banyak uang yang harus Anda keluarkan untuk belanja bulanan? Apakah pengeluaran Anda sering tidak terkontrol dengan baik? Sehingga secara tak sadar Anda membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan?

Jika terus-menerus seperti itu, maka anggaran belanja Anda setiap minggu atau bulann bisa berantakan. Anda pelru mengontrol uang belanja bulanan agar kantong tak cepat kosong.

Apabila Anda mencari kiat tentang cara menjaga agar pengeluaran tidak berlebihan saat belanja bulanan, berikut tips tentang cara mencegah belanja berlebih di supermarket atau minimarket, dilansir dari laman Money.usnews.com, Senin (20/7/2020).

1. Pilih Pesan Online

Dalam masa pandemi ini sangat cocok untuk belanja secara online. Selain mencegah penularan covid-19, Anda juga tidak perlu mengeluarkan banyak energi untuk berbelanja keluar rumah. Cukup berbelanja di platform online.

Saat ini sudah banyak platform online yang menyediakan jasa antar produk kebutuhan, seperti makanan, minuman, bahan makanan mentah dan lainnya.

Dengan berbelanja secara online, selain aman juga nyaman, Anda tidak perlu mengantri, melainkan cukup memesan dan menunggu barang dikirim ke rumah Anda. 

Tentu saja, dengan belanja bulanan secara online juga meminimalisir pengeluaran bengkak karena tak lapar mata. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Gunakan Kupon atau Promo

Menggunakan kupon atau promo bisa sangat membantu Anda saat berbelanja, dan secara tidak langsung menghemat pengeluaran.

Apalagi saat ini banyak promo yang ditawarkan secara online. Anda cukup membuka aplikasi belanja online atau melalui situs web, lalu Anda bisa mencari barang apa saja yang Anda butuhkan disertai promo menarik yang ditawarkan.

Jika Anda menggunakan aplikasi, itu dapat menghemat jumlah uang selama Anda menggunakannya untuk barang-barang yang sudah Anda beli.

Jangan membeli sesuatu yang tidak benar-benar Anda butuhkan, hanya karena Anda memiliki kupon untuk itu. Pada akhirnya akan menghabiskan lebih banyak uang pada akhirnya.

 

3 dari 4 halaman

3. Buat Daftar

Apakah Anda menggunakan kertas dan pena atau membuat daftar di ponsel Anda? Hal No. 1 yang dapat Anda lakukan sebelum berbelanja adalah membuat daftar belanja.

Dengan menuliskan kebutuhan mendesak Anda. Jangan membeli apa pun yang tidak ada dalam daftar, karena Anda tidak membutuhkannya.

 

4 dari 4 halaman

4. Manfaatkan Program Hadiah Toko

Ini adalah strategi klasik lain untuk menghemat uang di toko bahan makanan. Jika Anda berbelanja di pengecer besar, toko tersebut kemungkinan memiliki program hadiah untuk pelanggannya, dengan memberi Anda diskon otomatis untuk sebagian besar barang.

Pastikan untuk mendaftar, karena Anda akan menghemat banyak uang setiap kali berbelanja. Jika Anda melakukan semua ini, akankah Anda akhirnya memecahkan masalah berapa banyak yang harus Anda keluarkan untuk belanjaan Anda? Mungkin. Tetapi tujuan utamanya, Anda bisa mengatur hal-hal yang Anda butuhkan sebelum membelinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.