Sukses

Kementerian PUR Bangun Rusunawa Pondok Pesantren Walisongo di Poso

Kementerian PUPR bangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo di Poso

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melaksanakan pembangunan Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren (Ponpes) Walisongo di Desa Sintuwulemba, Kecamatan Lage, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Keberadaan Rusunawa tersebut diharapkan dapat membantu para santri untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak selama menuntut ilmu agama di Ponpes tersebut.

"Kami terus mendorong pembangunan perumahan seperti rumah susun di Poso. Salah satunya adalah Rusunawa untuk para santri di Ponpes Walisongo ini," kata Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi II Suko Wiyono dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/7/2020).

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Sulawesi Tengah Rezki Agung menjelaskan, pembangunan rumah susun Ponpes Walisongo mulai dilaksanakan pada Februari 2020. Saat ini progresnya mencapai 39,27 persen dan diharapkan dapat selesai pada akhir tahun 2020.

Berdasarkan data yang ada, rusubawa ini dibangun sebanyak satu tower dengan ketinggian dua lantai. Tipe huniannya adalah tipe barak pendek memiliki unit hunian terdiri dari empat barak. Rusun ini dibangun diatas luas lahan 1.125 meter persegi dengan ukuran bangunan panjang 33 meter danebar 8,2 meter.

"Diperkirakan Rusunawa ini dapat menampung 84 santri. Kami juga berharap para santri dan pengasuh Ponpes Yayasan Walisongo untuk dapat memanfaatkan rumah susun tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menuntut ilmu," ungkap Rezki.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tepat Waktu

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Walisongo, Akbar, merasa sangat bersyukur dengan adanya bantuan Rusunawa ini. Mereka berharapa proses pembangunan Rusun ini dapat berjalan dengan lancar dan tepat waktu.

"Kami harap dengan adanya Rusunawa ini kami dapat menerima santri lebih banyak dan mereka tinggal di tempat yang layak. Apalagi santri merupakan amanahkan orangtua kepada pihak pesantren," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.