Sukses

Pengusaha Ramal Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II Minus 5 Persen

HIPMI memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2020 bakal menyentuh hingga minus 5 persen

Liputan6.com, Jakarta - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2020 bakal menyentuh hingga minus 5 persen. Angka ini lebih tinggi daripada proyeksi pemerintah yang berada pada posisi minus 4,3 persen.

"Kalau perkiraan HIPMI kira-kira di angka minus 3 sampai minus 5 persen kita tunggu hasil rilisnya," kata Ketua Bidang Keuangan dan Perbankan BPP HIPMI, Ajib Hamdani, dalam diskusi virtual di Jakarta, Jumat (17/7/2020).

Dia mengatakan proyeksi tersebut masih cukup baik dibandingkan dengan negara Singapura yang lebih dulu mengumumkan pertumbuhan ekonomi kuartal II. Di mana, Singapura berada di minus 12 persen, sementara secara year on year minus 41 persen dan masuk ke dalam definisi resesi.

Kendati begitu yang perlu digarisbawahi, kata dia adalah struktur ekonomi Indonesia sangat berbeda dengan struktur di Singapura. Sehingga resesi yang terjadi di Singapura tidak akan berdampak signifikan terhadap Indonesia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didominasi UMKM

"Di Indonesia sangat kuat jadi resesi di Singapura itu tidak akan memberikan kontraksi yang signifikan terhadap Indonesia apalagi hubungan dagang kita dengan Singapura kita masih terus," kata dia.

"Karena di Indonesia oleh 60 persen sektor UMKM jadi artinya ketika pemerintah bisa mendorong UMKM nya ekonomi akan kembali bisa reborn dengan cepat," sambung dia.

Dwi Aditya Putra

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Ekonomi adalah ilmu tentang asas-asas produksi, distribusi, dan pemakaian barang-barang serta kekayaan.

    ekonomi

  • Pengusaha adalah orang pribadi atau badan yang kegiatan usaha atau pekerjaannya melakukan usaha perdagangan.

    Pengusaha