Sukses

Bisnis Penerbangan Bangkit, AP II Berangkatkan 55 Ribu Penumpang per Hari

AP II mengaku penerbangan Indonesia perlahan mulai pulih pada pertengahan bulan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, geliat penerbangan Indonesia perlahan mulai pulih pada pertengahan bulan ini. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya minat masyarakat melakukan perjalanan dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya.

Dia mencatat pada minggu kedua bulan ini terdapat keberangkatan sebanyak 55 ribu penumpang per hari. Meningkat apabila dibandingkan bulan sebelumnya hanya sebanyak 35.000 penumpang per hari.

"Pergerakan penumpang pun di Juni diangka sekitar 25 ribu sampai 35 ribu penumpang per hari. Sekarang sudah 50 ribu sampai 55 ribu pergerakan sehari," Awaluddin melalui diskusi online, Jakarta, Kamis (16/7/2020).

Peningkatan pergerakan penumpang diikuti oleh jumlah penerbangan yang terus naik. Angkasa Pura II mencatat terdapat 700 pergerakan penerbangan pesawat di 19 bandara kelolaan.

"Juni kita lihat traffic sudah mulai recovery kembali. Juli sudah memasuki minggu kedua, traffic di Juli itu sudah tumbuh 35 persen sampai 50 persen dibanding ke Juni," jelasnya.

"Dibandara Angkasa Pura II kalau sebelumnya di Juni itu rata rata penerbangan itu 480 sampai 500 take off landing seluruh 19 bandara kita. Di bulan Juli sampai minggu petama sudah 700 pergerakan," sambung Awaluddin.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kepatuhan Masyarakat

Pemulihan aktivitas tersebut, tidak lain dipicu oleh meningkatnya keyakinan dan kepatuhan masyarakat dalam melakukan perjalanan. Di mana pada Mei 2020 pemerintah banyak mengeluarkan aturan terkait perjalanan menggunakan pesawat.

"Jadi kelihatan sekali Januari, Februari, Maret, April turun sekali dan puncaknya di Mei karena adanya berbagai aturan membatasi dan efektivitasnya sangat terlihat atas kepatuhan kita terhadap aturan saat ini," tandasnya.

Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.