Sukses

Masih Kerja dari Rumah? Perhatikan Hal Berikut biar Kerja Lancar

Berikut berapa tips yang membuat urusan bekerja di rumah berjalan lebih lancar.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin saat ini beberapa perusahan sudah mulai membiasakan diri menerapkan kerja new normal. Namun, beberapa ada yang masih menerapkan bekerja dari rumah bagi karyawannya, dalam beberapa bulan ke depan.

Karena pandemi corona sama sekali tidak mereda, faktanya kasus terus meningkat. Sebagai seseorang yang masih bekerja dari rumah dalam jangka waktu berbulan-bulan dan memilih meneruskannya, Anda harus memperhatikan hal berikut.

Berikut beberapa tips yang membuat urusan bekerja di rumah berjalan lebih lancar, dilansir dari laman Forbes.com, Jumat (17/7/2020).

1. Siapkan laptop yang baik 

Perhatikan keadaan laptop. apakah itu masih kuat dipakai saat bekerja di rumah atau tidak. Bagi Anda pekerja yang sangat bergantung pada laptop, sangat penting untuk memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan laptop keadaannya baik atau tidak, seperti kabel charger, kecepatan laptop dan lainnya.

2. Temukan tempat kedua untuk bekerja

Salah satu kunci sukses saat bekerja dari rumah sebenarnya adalah meninggalkan rumah sesekali. Ini mungkin sulit bagi Anda.

Mungkin biasanya Anda bekerja di café, tapi kini pengunjung café dibatasi. Namun Anda bisa membuat opsi lain, dengan membuat suasana baru di halaman rumah, atau di ruangan lain sehingga nyaman dalam bekerja.

3. Beli peralatan kerja yang baik 

Mungkin Anda bisa membeli peralatan penopang kerja yang bisa membantu mengetik lebih cepat. Dengan begitu Anda bisa lebih produktif dan punya waktu untuk hal-hal lain.

4. Berhenti menggunakan ponsel saat bekerja

Tidak ada alasan untuk mengirim pesan teks dari ponsel saat di rumah. Anda bisa mengakses aplikasi whatsapp untuk menjawab chat yang masuk ke ponsel melalui komputer.

Hal itu tentu lebih efisien dibanding Anda mengecek ponsel setiap saat, yang hanya mengganggu konsentrasi kerja.

5. Ubah pencahayaan tempat bekerja di rumah

Pencahayaan mempengaruhi suasana hati saat bekerja, dan Anda tidak dapat bergantung pada serangkaian hari yang cerah untuk produktivitas.

Anda bisa menggunakan lampu duduk ketika bekerja di malam hari, yang biasa digunakan untuk membaca, menandatangani kontrak, atau hanya duduk dan tidak melakukan apa pun dalam apa yang tampak seperti sinar matahari yang cerah.

 

 

Saksikan video di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

6. Berdiri Sesekali

Selama bekerja, tetaplah bergerak. Biasakan untuk berdiri saat melakukan panggilan telepon misalnya. Kemudian duduk kembali saat bekerja agar Anda benar-benar harus fokus.

7. Perhatikan Makanan 

Salah satu kunci kesuksesan berhubungan dengan apa yang Anda makan. Di rumah, pasti tergoda untuk memilih makanan manis dan camilan sebagai cara untuk memotivasi Anda, dan membangun energi.

8. Menulis jurnal

Berikut ini tip menarik dari seseorang yang telah menulis jurnal selama 20 tahun terakhir hampir setiap hari. Memulai hari dengan menuliskan pikiran dan rencana Anda merupakan gal bijaksana, karena itu menenangkan pikiran.

9. Gunakan papan tulis pribadi

Beberapa dari kita membutuhkan papan tulis, yang sebenarnya dipasang di dinding untuk bertukar pikiran ide.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.